Mohon tunggu...
Fitra Dewi Istiqomah
Fitra Dewi Istiqomah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika

Saya hobi menggambar, mendengarkan musik dan berpetualangan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kita Semua Hebat: Mengintegrasikan Matematika Inklusi Dalam Pembelajaran

29 Oktober 2024   19:10 Diperbarui: 29 Oktober 2024   19:14 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis 1 : Fitra Dewi Istiqomah

Penulis 2 : Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sultan Agung

    Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami dan hanya beberapa orang saja yang dapat menguasainya. Padahal, setiap individu mempunyai potensi untuk belajar dan menguasai matematika. Konsep inklusi dalam pendidikan mendorong kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, di mana semua siswa, terlepas dari latar belakang atau kemampuannya, mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar.

    Matematika inklusi adalah pendekatan pembelajaran matematika yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel dan adaptif, di mana semua siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan mencapai potensi maksimal mereka.

    Matematika inklusi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat membangun kepercayaan diri pada siswa. Selain matematika inklusi penting dalam kehidupan sehari-hari, matematika inklusi juga dapat diintegrasikan dalam pembelajaran.

    Cara mengintegrasikan matematika inklusi dalam pembelajaran :

1. Diferensiasi pembelajaran

    Disini guru dapat menggunakan metode maupun strategi pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

2. Menggunakan berbagai media pembelajaran

    Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang variatif, seperti gambar, video, manipulatif, dan teknologi yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun