RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pembelajaran : Seni Lukis
Kelas / Semester : IX (Sembilan) Â / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 50 Â Menit x 4 Pertemuan
A.Kompetensi Inti
1.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.Memahami dan Menerapkan pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang Pengetahuan Seni Lukis.
3.Mengolah, menyaji, dan menalar, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( membaca, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.Kompetensi Dasar
1.1Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab dan  saling menghargai lewat berkarya seni.
2.1Mengetahui pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan aliran dalam berkarya seni lukis.
2.2Memahami  unsur, prinsip, teknik berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media.
3.1 Membuat karya seni lukis dengan berbagai bahan, media dan teknik.
C.Indikator Pencapaian Kompetensi
NO PengetahuanKeterampilan
2.1.1Mengetahui apa pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan apa saja aliran-aliran yang ada dalam seni lukis.
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan apa saja aliran-aliran yang ada dalam seni lukis.
2.1.2Mengetahui apa saja unsur dan prinsip yang harus diterapkan dalam membuat seni lukis. Siswa dapat mengidentifikasi  dan mengamati karya seni lukis dengan memperhatikan unsur dan prinsip dalam seni lukis.
2.1.2Mengetahui alat bahan dan Teknik berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media. -Siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan berkarya seni lukis.
-Siswa dapat menerapkan teknik berkarya seni lukis. Â
3.1.1Mengetahui langkah- langkah berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media.-Siswa dapat membuat sketsa lukisan dengan berbagai tema.
-Siswa dapat memadukan warna dengan tepat.
-Siswa dapat berkarya seni lukis dengan mengikuti  langkah-langkah dalam berkarya seni lukis.
D.Pendekatan Pembelajaran
1.Pendekatan PAIKEM
2.Pendekatan Pembelajaran Kooperatif
3.Pendekatan Ekspositori
E.Kegiatan Pembelajaran
1.Pertemuan Ke-1
Bahan Pembelajaran-Pengertian seni lukis
-Tujuan berkarya seni lukis
-Aliran dalam berkarya seni lukis
-Unsur-unsur dalam berkarya seni lukis
-Prinsip-prinsip dalam berkarya seni lukis
Media Pembelajaran-LCD / PROYEKTOR
-PPT
-Modul
-Internet
-Buku
-video
Metode Pembelajaran-Ceramah
-Diskusi
-Presentasi
Langkah-Langkah
Pembelajaran-Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.Apersepsi
3.Memberikan motivasi.
4.Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.Menyampaikan cakupan materi dan langkah-langkah pembelajaran.
6.Menyampaikan cakupan penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap).
-Kegiatan Inti (75 Menit)
1.Mendengarkan
Peserta didik mendengarkan ceramah/penjelasan mengenai materi  yang disampaikan   oleh Guru.
2.Mengamati
Peserta didik mengamati tayangan PPT yang berkaitan dengan pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis, unsur-unsur seni lukis, prinsip-prinsip seni  lukis  dan contoh lukisan yang ditayangkan melalui LCD/Proyektor.
3.Mengkaji
Peserta didik mengkaji pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis, unsur-unsur seni lukis, prinsip-prinsip seni lukis  melalui internet, buku, modul dan lainnya.
4.Tanya Jawab/Diskusi
Peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni, lukis unsur-unsur seni lukis dan  prinsip-prinsip seni lukis. Â
-Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis  unsur-unsur seni lukis dan  prinsip-prinsip seni lukis.
2.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk mencari contoh lukisan berbagai aliran beserta tokohnya.
4.Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam