Mohon tunggu...
Fita Anggraeni
Fita Anggraeni Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP N 3 Godong

ingin sukses dalam karir untuk mensejahterakan keluarga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Meningkatkan Kemampuan Menulis Descriptive text

8 Juni 2023   08:30 Diperbarui: 8 Juni 2023   08:36 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menulis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran bahasa yang digunakan untuk komunikasi secara tidak langsung.menulis juga  dapat dikatakan salah satu ketrampilan yang paling rumit  dibandingkan dengan ketrampilan lainnya karena menulis bukan hanya sekedar  menyalin kata-kata atau  kalimat akan tetapi juga menggembangkan dan menuangkan gagasan/ide pokok  dalam suatu struktur kaliamat yang benar didalam media tulis. Menurut Zaim (2016) di dalam konsep pembelajaran bahasa, ada empat keterampilan yaitu ketrampilan membaca, ketrampilan mendengarkan,ketrampilan berbicara dan ketrampilan menulis.  Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur (Prakoso et al., 2021). Untuk meningkatkan kemampuan menulis, seseorang harus melakukan latihan secara terus menerus tanpa putus asa. Ketika menemui suatu masalah, peserta didiktidak langsung menyerah melainkan mencari solusi untuk mengatasinya. Keterampilan menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh peserta didik yakni keterampilan menulis teks deskripsi (description text). Teks deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang berisi pemaparanru menanyakan alasan /dasar pemikiran urutan paragraf tersebut. (6) Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. (7) Kesimpulan dan rangkuman. Melalui gambar yang ditunjukkan ke peserta didik secara tidak langsung  dapat  memotivasi peserta didik  dalam pengembangan ide /gagasan. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran tersebut diperlukan kerjasama antar peserta didik sehingga akan tercipta komunikasi yang menyenangkan.Berpijak dari uraian tentang  manfaat media dalam pembelajaran dan membantu tugas guru dalam membangun imajinasi siswa dalam pembelajaran khususnya bahasa Inggris maka perlu diterapkan pembelajaran dengan model picture and picture. Metodel picture and picture efektif untuk membangkitkan minat belajar bahasa Inggris khususnya dalam menulis teks deskripive .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun