Dalam era digital saat ini, peran sosial media menjadi alat yang sangat efektif  untuk memperkenalkan suatu produk atau merek bagi suatu perushan untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing mereka di pasar global.
Penggunaan internet memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran merek bisnis. Semakin banyak peluang yang dimiliki perusahaan, semakin banyak tantangan yang dihadapi. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan media yang tepat dan solutif untuk memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya agar mereka dapat menjawab tantangan bisnis dan pasar yang akan terus berubah.
Peran Sosial Media memungkinkan perusahan untuk mencapai audiens yang lebih luas tanpa batasan geografis. Dengan menggunakan media sosial, SEO, dan iklan online, perushaan dapat memasarkan produk dan layanan mereka ke berbagai penjuru dunia.
Dalam era pemasaran digital saait ini, perusahaan memerlukan strategi rinci agar dapat menarik perhatian konsumen. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kemampuan promosi dan pemasaran. Hal ini dilakukan untuk menjaga merek di mata khalayak luas dengan melakukan social media marketing sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup khalayak di masa kini. Dalam social media marketing, terdapat beberapa aspek yang dapat dilakukan yaitu attraction dengan menyajikan konten visual, convert dengan menarik minat atau konversi dari khalayak, dan transform dengan menunjukkan bukti sosial.
Media sosial memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka, menjawab pertanyaan, dan menerima umpan balik. Interaksi ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga membangun loyalitas merek.
Tentu saja untuk membuat informasi tentang produk tersebar dengan cepat dan membuat pengguna media sosial mudah mengetahui merek atau produk. kehadiran media sosial telah banyak mengubah aktifitas pemasaran dari yang menggunakan media below the line seperti brosur, televisi, koran, dan lain-lain ke dalam bentuk yang lebih canggih dan praktis yaitu dengan pemasaran konten digital.
Output yang ditargetkan perusahaan dalam melakukan pemasaran media sosial ialah meningkatkan brand awareness pada pengguna media sosial. Brand awareness bersumber dari promosi yang dilakukan dengan baik oleh perusahaan (Kotler dkk, 2017:59) Artinya, penting bagi perusahaan untuk mengintegrasikan digital marketing dalam strategi bisnis mereka untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang.
Penulis,
Firman Alamsyah, mahasiswa Universitas Siber Asia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H