Mohon tunggu...
FIRDY AZIZI
FIRDY AZIZI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (UNNES), jurusan Pendidikan Teknik Elektro, yang memiliki minat mendalam pada teknologi dan ilmu fisika. Dengan latar belakang akademik dari SMA Negeri 1 Talaga, saya aktif dalam berbagai kegiatan organisasi selama sekolah, termasuk OSIS di mana saya memegang posisi penting dalam Sekbid. Selain akademik, saya juga seorang penghafal Qur'an, dengan pencapaian hafalan hingga 5 Juz, dan memiliki hobi dalam seperti sepak bola dan voli.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Melawan Hoax dan Mewujudkan Interaksi Positif di Era Digital

1 November 2024   22:50 Diperbarui: 1 November 2024   23:05 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

  • Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi telah membawa transformasi besar dalam cara kita berinteraksi dan berkomunikasi. Akses informasi yang begitu mudah dan cepat, serta kemampuan terhubung dengan orang di seluruh dunia, menawarkan peluang baru di berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, dan hubungan sosial. Namun, kemudahan tersebut juga menghadirkan tantangan besar, salah satunya adalah maraknya perilaku negatif di dunia maya, terutama penyebaran hoaks, yang kini menjadi masalah serius.                                                                                                                                                                                        
  • Dalam konteks ini, literasi digital menjadi kebutuhan mendesak. Literasi digital bukan hanya tentang keterampilan teknis dalam menggunakan perangkat dan platform digital; ia juga mencakup pemahaman mendalam tentang etika, tanggung jawab, dan nilai-nilai kemanusiaan. Individu yang memiliki literasi digital yang baik dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan digital yang aman, etis, dan saling mendukung, sehingga nilai-nilai kemanusiaan tetap terjaga dalam setiap interaksi online.        
  • Pentingnya literasi digital terletak pada kemampuannya mengarahkan kita menuju interaksi yang lebih positif dan bermakna di dunia maya. Dengan literasi yang memadai, kita dapat menyaring informasi yang akurat, berpartisipasi secara bertanggung jawab, dan menjaga kualitas interaksi agar tetap menghormati orang lain, membantu membentuk ekosistem digital yang lebih sehat.                                                                                                                                                                                                                                                                
  • Penyebaran informasi palsul di media sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman digital di kalangan pengguna, sehingga banyak orang kesulitan membedakan antara informasi yang benar dengan berita bohong. Keterbatasan ini membuat mereka mudah terpengaruh dan menyebarkan informasi palsu tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu. Selain itu, peranan algoritma dalam media sosial juga dapat memengaruhi, karena algoritma tersebut didesain untuk menampilkan konten yang menarik bagi para pengguna, seringkali berdasarkan pada tingkat interaksi dan popularitasnya. Konten yang bersifat sensasional, termasuk berita palsul, umumnya dapat lebih cepat tersebar karena mampun menimbulkan reaksi dari para pengguna. Sebuah alasan tambahan yang mendukung penyebaran hoaks adalah adanya penguatan prasangka (confirmation bias). Banyak orang tanpa disadari hanya mencari informasi yang sejalan dengan pandangan mereka sendiri, sehingga mereka lebih condong untuk menerima dan menyebarkan hoaks yang sesuai dengan keyakinan pribadi mereka tanpa mempertimbangkan kebenaran informasi tersebut.                                                                                            

  • Pentingnya peningkatan literasi digital bagi pemilih baru sangat krusial dalam membantu masyarakat menyaring informasi yang diterima. Dengan keterampilan literasi digital yang baik, para pemilih dapat lebih kritis dalam mengevaluasi sumber informasi, sehingga dapat membedakan antara fakta dan misinformasi. Hal ini akan berkontribusi pada pengurangan dampak negatif dari penyebaran informasi palsu. Selain itu, pemilih yang terdidik secara digital akan lebih mampu memahami konteks dari informasi yang mereka terima, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan informasional dalam menghadapi berbagai isu yang muncul di dunia maya. Meningkatkan literasi digital di kalangan pemilih baru bukan hanya penting untuk pemilu, tetapi juga untuk membangun masyarakat yang lebih sadar dan bertanggung jawab dalam konsumsi informasi.                    
  • Penelitian sebelumnya mengenai literasi digital dalam menghadapi berita palsuh menunjukkan beberapa tahapan analisis yang dilakukan daripadanya. Terlebih dahulu pentingnya literasi digital dalam memprediksi dan menangani penyebaran berita palsuh telah diungkapkan (Irsida et al., 2023). Selain itu pengguna literasi digital bersama dengan big data sebagai upaya pencegahan terhadap berita palsuh dapat meningkatkan partisipasi politik yang pada akhirnya membantu mengatasi penyebarannya (Yohanes et al., 2022). Ke-3., keterampilan digital memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan yang muncul akibat hoaks. Meningkatkan keterampilan digital melalui pendidikan bisa mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis yang membantu seseorang membedakan kebenaran informasi (Irhamdhika 2022).                                                                                                            
  • Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, antara lain: 1) Reduksi Data, yang merupakan proses penyaringan pilihan melalui penataan ulang, pengabstraksian, dan modifikasi catatan yang dihasilkan di lapangan. 2) Penyajian Data, yang dilakukan dengan menyusun data sedemikian rupa untuk memungkinkan penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Penyajian data untuk jenis data kualitatif biasanya disajikan dalam bentuk teks deskriptif. 3) Penarikan Kesimpulan (Verifikasi), yang dilakukan untuk menentukan kesimpulan dari data yang telah dianalisis.                                                                                
  • Hasil analisis pada konteks, mengembangkan literasi digital dengan fokus pada pemahaman nilai-nilai, norma, dan kepercayaan yang berbeda dari berbagai komunitas budaya. Ini termasuk mempelajari bagaimana informasi disebarkan dan diterima dalam budaya tersebut, sehingga informan dapat mengidentifikasi berita hoax. Selain itu, memahami tren budaya digital sangat penting karena dapat membantu informan menjadi lebih kritis terhadap berita yang ditemui secara online dan dapat membedakan berita asli dengan berita hoax, dengan memahami konteks budaya di balik informasi yang tersebar di media sosial.                                                                                                                                                                                                                                                                
  • Seperti contoh, beredar hoax salah satu tokoh yang dibaptis hingga dianugerahi nama tertentu saat berkunjung ke Papua. Berita tersebut merupakan hoax yang mengandung unsur SARA, di mana berita hoax ini bertujuan untuk menyebarkan kebencian antar golongan dengan mengangkat isu agama. Berita tersebut merupakan berita dengan topik sensasional yang lebih rentan terhadap hoax. Berita hoax biasanya dirancang untuk menarik perhatian dengan judul-judul mengejutkan atau kontroversial, di mana berita tersebut menampilkan sosok tokoh penting dari komunitas tertentu. Sebagai komunitas yang tergabung dalam tim tersebut, tentu merasa bahwa berita ini adalah berita hoax.                                                                                                                                                          
  • pada aspek kognisi, pengetahuan yang diperoleh memengaruhi pola pikir setiap individu. Misalnya, pengetahuan dari media sosial dan komunitas online mengenai cara menangkal dan mempelajari berita hoax dapat memengaruhi cara pandang dan cara berpikir. Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh, semakin banyak referensi yang dimiliki, yang membantu mereka mengatasi berita, baik hoax maupun yang tidak. Penting untuk belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi digital, karena memahami bagaimana dunia digital bekerja akan membuat informan lebih kritis dalam mengevaluasi sumber berita dan lebih waspada terhadap berita palsu/hoax.                                                                                                                                              
  • kepercayaan diri dalam literasi digital sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri di tengah banyaknya berita palsu/hoax yang beredar di media sosial. Dengan mengasah kemampuan analisis dalam mengenali ciri-ciri berita hoax dan mengikuti sumber-sumber yang dapat dipercaya, serta memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya, dapat membantu orang lain untuk merespons berita hoax yang beredar.                                                                                                                                                                    
  • tanggung jawab sosial dalam literasi digital menunjukkan bahwa informan memiliki peran penting dalam mengedukasi orang lain tentang pentingnya literasi digital dan cara mengenali berita hoax untuk membangun masyarakat yang lebih sadar informasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun