Mohon tunggu...
firdhalif
firdhalif Mohon Tunggu... Lainnya - warga biasa

just so so

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Fun Book" untuk Anak

10 April 2018   00:26 Diperbarui: 10 April 2018   00:51 702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Saat ini sudah banyak para mamah muda yang melek akan pendidikan bagi anak-anaknya. Terutama di pendidikan anak usia dini. Para orangtua yang sudah melek akan edukasi atau pendidikan bagi anaknya akan mengutamakan sekolah-sekolah yang memiliki tingkat kualitas terbaik di kotanya. Selain mamah muda di kalangan anak usia sekolah, namun juga banyak mamah muda yang sudah mulai membelajari anaknya sejak di usia batita. 

Seperti maraknya buku tiga dimensi yang dapat meningkatkan minat dan bakat literasinya. Selain itu, banyak juga mamah muda yang memperhatiakn pendidikan dan edukasi pada anak dengan permainan ataupun mainan yang diperuntukkan anak usia balita atau sekolah TK. Mamah muda mulai mencari permainan apakah yang dapat merangsang perkembagangan aspek pada anak. namun, juga tidak banyak mamah muda yang justru memberikan androidnya pada anak agar diam. Itu merupakan kesalahan besar yang jika dibiarkan akan memberi dampak tidak baik bagi perkembangannya.

Oke, kali ini saya akan mengusung review sebuah buku yang diperuntukkan anak usia 4-6 tahun. Buku ini bisa dibuat sendiri oleh para mamah muda dengan bahan yang terjangkau. Awalnya, buku ini dibuat oleh mahasiswa PIAUD UIN Malang dalam memenuhi tugas kuliah. Buku ini disebut dengan "Fun Book" bahan yang digunakan yaitu kain flanel dan tambahan beberapa aksesoris seperi kancing, mata boneka, serta aksesoris tambhan lain. Bahan ini mudah dicari dan pembuatanya pun disesuaikan dengan desain yang diingainkan. Buku ini terdiri dari beberapa lembar yang berisi permainan yang mengembangkan aspek anak usia dini.

Pada lembar-lembar yang disesuaikan dengan permainan pengembangan aspek anak disesuaikan dengan stppa. Yang kami buat pada halaman pertama yaitu halaman yang mengembangkan aspek bahasa anak yaitu mengurutkan abjad dari A sampai Z. Kemudian di halam kedua merupakan tempat yang disediakan untuk memasukkan abjad yang sudah tidak ditempelkan.

Pada halaman ketiga buku ini anak diminta untuk membilang manik manika yang ada diatas gambar apel serta menyesuaikan dengan angka yang ada di halaman ketiga. Halaman ini difungsikan untuk mengembangkan aspek kognitif pada anak yaitu membilang serta menyesuaikan angka yang sudah ada.

Pada halaman keempat, dalam buku ini diperuntukkan mengembangkan aspek yang sama yaitu kognitif, permainan ini anak diminta untuk menyesuaikan bentuk pola yang ada degan bentuk yang disispakan dengan tali yang dijadiakn satu. Bentuk-bentuknya masih berupa bangun datar. Yaitu segitiga, bulat, kotak, oval, dan peersegi panjang.

Pada halaman berikutnya, aspek yang dikembangkan adalah aspek sosial emosional pada anak yaitu permainan 'sos' yang bisa dimainkan dengan teman. Namun, sayangnya hanya terbatas untuk dua anak. kemudian halaman sebelahnya berisi sebuah kantong yang didalamnya terdapat boneka jari yang bisa dimaninkan oleh anak dengan temannya. Biasanya boneka ini digunakan sebagai media bercerita oleh guru maupun oleh orangtua.

Pada halaman berikutnya, berisi permainan yang mengembangkan aspek fisik motorik pada anak. permainan ini berupa meronce, membuat kerajinan ronce serta mengancingkan, dan menutup resleting. Ketrampilan ini perlu diasah oleh anak untuk mengembangkan fisik motorik anak.

Pada halaman berikutnya, mengembangkan aspek seni, yang mana anak diminta untuk menempelkan gambar balon dengan berbagai macam warna. Serta anak juga diminta untuk menempel warna pada lampu lalu lintas dan ini juga merupakan pembelajaran nilai moral untuk dipahami anak. halaman ini berisi gambar lalu lintas serta pemahaman untuk mematuhi aturan yang ada.

Pada halaman selanjutnya, yang merupakan halaman akhir buku ini bergambar anak dengan jalan setapak antara rumah dan masjid. Pada permainan ini perlu pendampingan dari guru  maupun orangtua untuk memberi pemahaman agama. Yaitu melaksanakan sholat di masjid. Yaaah... itulah review fun book yang bisa dibuat sendiri oleh mamah muda. Sampai jumpa di lain artikel bundaaaa...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun