Â
Bagi orang-orang yang bekerja secara freelance atau remote tentu saja tidak asing lagi dengan yang namanya tanda tangan digital. Karena tentu tidak mungkin melakukan tanda tangan dengan cara konvensional, masih harus kirim berkas dulu lewat ekspedisi bakal ribet jadinya sehingga solusi terbaik adalah melakukan tanda tangan digital untuk keperluan tanda tangan kontrak, perjanjian, dan hal-hal lain yang dibutuhkan.
Bukan hanya itu saja, dosen yang kini masih mengajar mahasiswanya secara daring juga mengaplikasikan tanda tangan digital. Kan sekarang zamannya online-online, sampai-sampai tanda tangan pun dibuat digital.
Sebenarnya bagus-bagus aja sih, itung-itung menghemat pengeluaran untuk membeli bolpoint atau pena. Selain itu untuk melatih biar nggak gaptek-gaptek amat.
Â
Panduan Membuat Tanda Tangan Digital
Â
Namun pada kenyatannya masih banyak orang yang bingung bagaimana melakukan tanda tangan digital meskipun tutorialnya banyak bejibun di internet. Padahal nggak terlalu sulit, lewat HP pun bisa walaupun lebih disarankan melalui laptop atau PC.
Langsung saja, ikuti panduannya berikut ini :
Â
Buat Tanda Tangan Terlebih Dahulu di Kertas Kosong
Pertama, silakan buat terlebih dahulu tanda tangan Anda di selembar kertas kosong. Usahakan kertas berwarna putih ya, seperti HVS, Folio, atau boleh buat tanda tangan di buku tulis.
Cukup satu kali tanda tangan dan boleh Anda gunakan untuk seterusnya. Jadi, ketika butuh tanda tangan digital lagi nggak perlu buat tanda tangan lagi. Biar nggak boros tinta pulpen dan boros kertas.