Dalam era digital yang semakin maju, keterampilan teknologi menjadi sangat penting. melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah menunjukkan kontribusinya dalam meningkatkan digitalisasi dan branding di Desa Mojogede, Kelompok 9 KKN UISI berhasil menciptakan perubahan signifikan dengan berbagai kegiatan yang menyasar pendidikan teknologi di kalangan siswa SD dan masyarakat desa secara umum.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini kami laksanakan selama 20 Hari. Dimana 2 hari pertama kami melakukan kunjungan ke desa dan perangkat desa untuk menyampaikan tujuan dan maksud kedatangan kami ke desa Mojogede, kemudian kami melakukan penggalian potensi yang ada di desa Mojogede yang juga berkaitan dengan system digitalisasi selama 4 hari. Serta 4 hari berikutnya kami melakukan identifikasi serta analisis terkait dengan permasalahan yang ada pada Desa Mojogede. dengan adanya penggalian serta analisis yang kami lakukan selama 10 hari pertama, Kami sepakat untuk menargetkan program kerja yang telah kami susun ini kepada anak anak SD dan anggota karang taruna dari 3 dusun yang ada pada desa Mojogede. Pemilihan target tersebut kami tentukan karena kami ingin menjadikan generasi muda yang ada pada desa Mojogede dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi dunia digital yang serba canggih kedepannya. Setelah kami menentukan program yang akan kami laksanakan kami mulai mengimplementasikan program kerja kami selama 10 hari setelahnya. Dimana program kegiatan kami terbagi menjadi 3 yaitu Pengenalan dan penerapan sistem digitalisasi kepada siswa SD, Seminar terkait pentingnya mempelajari Microsoft word dan Microsoft excel bagi anggota karang taruna, serta pengembangan branding desa. Rincian kegiatan yang kami lakukan selama sepuluh hari tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
Kegiatan kami pada hari pertama yaitu melakukan perkenalan dengan guru guru yang ada di SD serta mengakrabkan diri dengan siswa siswi SD yang nantinya akan kami ajarkan terkait dengan pentingnya digitalisasi serta bagaimana cara pengaplikasian Microsoft word dasar. Selain mengakrabkan diri dengan siswa siswi SD kami juga mengajak mereka untuk bermain sambil belajar dengan permainan permainan edukatif dan inspiratif bagi siswa siswi SD agar kedepannya mereka juga lebih rileks dan tidak tegang Ketika besok kami memulai system pelatihan yang telah kami susun
Kegiatan pelatihan dimulai pada hari kedua setelah dibuka dengan hari pertama yang berfokus kepada pengenalan dan penyampaian kegiatan. Pada hari kedua ini kel 9 fokus pada pengenalan dasar MS Word untuk siswa kelas 5 dan 6 SD. Para siswa diajarkan cara membuka program MS Word, mengenali tools , dan menggunakan fitur dasar seperti mengetik teks, mengubah font, dan menyimpan dokumen. Kami menggunakan metode belajar yang interaktif dan menyenangkan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi. Untuk meningkatkan minat siswa, Kami menggabungkan pembelajaran dengan game edukasi. Misalnya, satu hari pelatihan kita bagi menjadi 2 Sesi. Dimana ketika sesi pertama sedang Melakukan Pembelajaran di Lab Komputer, Siswa yang lain kami ajak untuk bermain games edukatif dan begitupun sebaliknya ketika sesi pertama sudah selesai Melakukan pelatihan, mereka akan diberikan games edukatif untuk refreshing dan sesi kedua mulai Melakukan pembelajaran di lab Komputer
Pada hari ketiga, difokuskan pada pelatihan menulis cerita pendek. Kami memberikan panduan tentang bagaimana menyusun cerita yang baik, mulai dari pengenalan karakter, pengaturan latar, hingga penyelesaian cerita. Siswa diajak untuk berimajinasi dan menulis cerita mereka sendiri, yang kemudian dibahas bersama-sama untuk memberikan masukan dan saran. Untuk menstimulasi kreativitas siswa, Kami juga mengadakan pelatihan menggambar di mana siswa diminta untuk menggambar karakter cerita mereka sebelum menulis. Hal ini membantu siswa untuk lebih mudah mengembangkan cerita dan mengekspresikan imajinasi mereka dalam tulisan. 3 Siswa dengan Gambaran terbaik akan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi dan motivasi.
Hari keempat merupakan hari tenang dimana tidak ada pelatihan untuk belajar ataupun games. Pada hari keempat ini kami Melakukan pemberian edukasi terkait pentingnya perilaku bijak dalam Menggunakan social media baik itu tiktok, instagram facebook bahkan whatsAp sekalipun. Kami Melakukan himbauan kepada seluruh siswa siswi SD agar tidak tergiur dengan iklan iklan ataupun Melakukan pembayaran pada nomor yang tidak dikenal yang banyak bersliweran di laman social media, tidak hanya itu kami juga mengajarkan terkait pentingnya akhlak dan adab terhadap siapapun dengan tidak membully teman ataupun adik kelas serta tetap menjaga kesopanan apabila ada guru yang sedang menerangkan pelajaran
Pada hari kelima, diadakan perlombaan MS Word yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 dan 6. Perlombaan ini dirancang untuk menguji keterampilan siswa dalam menggunakan MS Word secara individu. Mereka diberi tugas untuk membuat dokumen dengan beberapa perintah yang telah ditentukan oleh tim, seperti menulis paragraf, dan menggunakan fitur-fitur lain di MS Word. Penilaian dilakukan berdasarkan kerapihan penulisan, kejelasan paragraf dan kalimat, serta penggunaan alat di MS Word. Pemenang perlombaan adalah siswa yang dapat menunjukkan keterampilan terbaik dalam membuat dokumen yang rapi dan terstruktur dengan baik. Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan hadiah untuk memotivasi mereka lebih lanjut.
Selain mengajar anak-anak, Kami KKN UISI juga mengadakan seminar terkait digitalisasi untuk masyarakat desa. Seminar ini bertujuan untuk menciptakan regenerasi yang unggul dengan memperkenalkan tiga topik utama yaitu :