PENDAHULUAN
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana prosesnya laju perkembangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara antar sesama rekan di lingkungan tempat kerja. Setiap lingkungan tentunya mempunya ideology atau dasar pemikiran yang merupakan gagasan-gagasan untuk membentuk suatu tujuan.
Ideologi merupakan cerminan cara berfikir orang atau masyarakat yang sekaligus membentuk orang atau masyarakat itu menuju cita-citanya. Ideologi merupakan sesuatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan.
Ideologi merupakan suatu pilihan yang jelas membawa komitmen (keterikatan) untuk mewujudkannya. Semakin mendalam kesadaran ideologis seseorang, maka akan semakin tinggi pula komitmennya untuk melaksanakannya. Komitmen itu tercermin dalam sikap seseorang yang meyakini ideologinya sebagai ketentuan yang mengikat, yang harus ditaati dalam kehidupannya, baik dalam kehidupan pribadi ataupun masyarakat.
METODE
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi suatu fenomena (A. Muri Yusuf, 2014). Penelitian ini menganalisis mengenai problematika di sebuah lingkungan pendidikan SMK Taruna Sakti yang menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi, namun masih belum tercapai dengan maksimal dalam penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di lingkungan tersebut.
Subjek penelitian ini adalah Guru SMK Taruna Sakti dan Staff Tata Usaha di sana. Proses penelitian dilakukan secara langsung peneliti terjun ke lapangan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2022.
Teknik pengambilan data yang diterapkan diantaranya yang pertama pengamatan (observasi) dilakukan untuk mengamati dan mempelajari permasalahan atau problematika di lapangan yang erat kaitannya dengan objek penelitian yaitu tentang problematika di sebuah lingkungan pendidikan SMK Taruna Sakti yang menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi. Kedua, yaitu wawancara untuk mendapatkan informasi secara langsung dari Guru dan Staff Tata Usaha mengenai problematika yang muncul dan dirasakan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Ideologi berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang dimiliki dan dipegang oleh seseorang atau suatu masyarakat sebagai wawasan atau pandangan hidup mereka. Melalui rangkaian nilai itu mereka mengetahui bagaimana cara yang paling baik, yaitu secara moral atau normatif dianggap benar dan adil, dalam bersikap dan bertingkah laku untuk memelihara, mempertahankan, membangun kehidupan duniawi bersama dengan berbagai dimensinya. Pengertian yang demikian itu juga dapat dikembangkan untuk masyarakat yang lebih luas, yaitu masyarakat bangsa.
Halnya di dalam sebuah lingkungan pekerjaan, di manapun kita menapakan kaki di situlah adanya sebuah ideologi yang pastinya sebagai seorang warga NKRI, Â berkiblat kepada nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Hal tersebut juga diterapkan di lingkungan SMK Taruna Sakti. Dimana instansi tersebut menerapkan serta mengimplemantasikan ideologi di dalam sebuah visi misi guna tercapainya tujuan pendidikan yang sebenar-benarnya.