Mohon tunggu...
Firda Pramudita
Firda Pramudita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca novel Mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri-N pada UMKM Ombein Jogja

15 Desember 2022   19:37 Diperbarui: 15 Desember 2022   19:53 1384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jl. Babaran No.56, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. Dokpri
Jl. Babaran No.56, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

UMKM merupakan salah satu kelompok usaha yang mempunyai dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UMKM juga merupakan kelompok usaha yang baik karena dapat menyerap banyak tenaga kerja dengan membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

Perkembangan UMKM di Indonesia hingga saat ini terus berkembang dan meningkat dari segi kualitas, hal ini dikarenakan dukungan dari pemerintah kepada para pelaku UMKM dalam hal pengembangan,dimana hal tersebut penting karena dapat memperbaiki serta menjaga dan memperkuat perekonomian Indonesia.

PT. Kreasi Bisnis Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Food & Beverage dengan nama brand "Ombein" yang berasal dari Yogyakarta. Ombein adalah brand minuman kekinian yang memiliki lebih dari 50 varian rasa yang inovatif. 

Hamid Muhammad Rosyid atau bisa dipanggil Rosyid yang merupakan owner dari bisnis minuman Ombein ini. Ide untuk mengembangkan bisnis ini dimulai karena Rosyid dan istrinya senang mengkonsumsi minuman kekinian sehingga menginspirasi mereka untuk melakukan riset tentang bisnis minuman dan mulai membuka bisnis minuman Ombein ini.

Ombein didirikan pada tahun 2020 dimana saat itu pandemic Covid 19 sedang melanda Indonesia yang memang menjadi tantangan tersendiri bagi Ombein.  Seiring tahun berjalan, Ombein dapat membuka cabang lain yang berada di yogyakarta dan sekitarnya. Hingga saat ini, Ombein telah memiliki 36 cabang, Tak hanya menyajikan minuman kekinian Ombein juga menyediakan menu dessert.

Dalam wawancaranya bersama Wawan, Hamid Muhammad Rosyid sebagai owner bercita-cita ingin menjadikan Ombein sebagai perusahaan multinasional dan dapat membantu masyarakat dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Ombein membangun citra perusahaannya dengan mengutamakan rasa, kualitas, dan juga pelayanan agar konsumen merasa puas dengan nilai yang ditawarkan oleh perusahaan

Ombein menempatkan kepuasan konsumen sebagai nilai penting perusahaan. Hal ini dibuktikan Ombein menyediakan garansi berupa tukar atau ganti menu lain jika konsumen merasa kurang puas dengan menu yang disajikan. Selain dari segi kualitas dan pelayanan yang baik, Ombein juga termasuk ke dalam salah satu perusahaan minuman kemasan yang ekonomis. Hal itu terbukti dengan harga per menu yang ditawarkan sangat terjangkau dibandingkan dengan kompetitor sejenis lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun