Mohon tunggu...
Firda Nuril Ilma Nadzor
Firda Nuril Ilma Nadzor Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Sunan Ampel Surabaya

Banyak Orang Baik , Jika Belum Menemukan Maka Jadilah Salah Satunya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengembangan Psikomotorik Anak Usia Dini

20 Mei 2023   10:39 Diperbarui: 20 Mei 2023   10:43 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Anak adalah individu yang unik dan bukanlah miniature orang dewasa, anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi tumbuh kembang. Salah satu tahap tumbuh kembang adatah usia prasekolah yang mempunyai karakteristik sendiri sebagai masa persiapan menuiu periode sekolah. Peran seorang ibu penting dalam menentukan perkembangan anak, sehingga. 'ibu harus mem1iki pengetahmn tentang perkembangan anak. Penelitian untuk mengetahUi hubungan pengeiahuan ibu tentang perkembangan anak dengan perkembangan psikomotor anak isia S-S {ahun. Subjek penetitian ini adalah pasangan ibu dan anak usia 3-5 tahun, sebayak 37 responden.

Seorang anak bukanlah dewasa kecil karena anak mempunyai ciri khas yang berbeda dengan orang dewasa, selain itu anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi tumbuh kembang anak. Pertumbuhan berkaitan dengan bertambahnya ukuran jumlah sel serta laringan interseluler, berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau keseluruhan. Perkembangan berarti bertambahnya kemampuan struktur dan fungsiyang lebih kompleks. 

Pembinaan anak untuk mengantarkan menulu manusia seutuhnya merupakaan tanggung jawab masyarakat bersama pemerintah. Masyrakat ddam hal ini adalah keluarga, yang meruakan penggung jawab utama dalam optimalisasi tumbu kembang anak. Peran pemerintah di sini adalah memfasilitasi masyarakat (keluarga) dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Menurut Firda Nuril, tumbuh kembang anak terdiri dari beberapa tahapan dan tiap tiap tahapan mempunyai ciri tersendiri, salah satu tahapan tumbuh kembang anak adalah usia prasekolah (3-5 tahun), untuk memperbaiki tugas tugas yang sudah dikuasai pada m.asa toddler. Usia pra-sekolah,mempunyai kaiakteristik sendiri, masa ini sebagaimasa persiapan anak menuiu periode sekolah, kemampuan interaksi dengan anak lain dan orang dewasa, mengunakan bahasa untuk menunjukan kemampuan mental, bertambahnya perhatian terhadap waktu dan ingatan. lnteraksi antara anak dan orang tua, terutama peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan karena orang tua dapat segera mengenali kelainan proses perkembangan anaknya sedini mungkin.

Salah satu aspek penting pada proses tumbuh kembang ialah perkembangan psikomotorik karena merupakan awal dari kecerdasan dan emosi sosialnya. Perkembangan anak yang normal sangat tergantung pada factor genetic, factor lingkungan bio-psikososial dan rekayasa genetic. Adapun status gizi berkaitan dengan pertumbuhan dan pematangan komponen tubuh manusia, lingkungan pengasuhan anak meliputi rangsangan keluarga dan interaksiibu dengan anak. lnteraksi antara anak dan orang tua, terutama peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keselutuhan karena orang tua dapat segera mengenali kelainan proses perkembangan anaknya sedini mungkin dan memberikan stimulus tumbuh kembang anak yang menyeluruh dalam aspek fisik, mental, dan sosial. Mengingatkan peranan ibu tentang perkembangan anak sangat diperlukan. 

Untuk itu hendaknya orang tua ibu memberi kesempatan dan kebasan yang cukup untuk anak melakukan kegiatan yang bermanfaat, meluangkan waktu untuk berdialog dengan menjawab seluruh pertanyaan dan tidak menghambat fantasi serta kreasi anak dalam bermain dan berinteraksi dengan lingkungan. Sebaliknya, iika orang tua ibu menghambat perkembangan dalam masa ini, maka anak akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan. Jika hal ini terjadi dampak pada anak yaitu anak merasa kurang percaya diri, ragu-ragu dalam bertindak atau kurang percaya diri, kurang bahagia dalam berinteraksi sehingga anak menjadi introvert atau tidak diterima oleh lingkungan. Dalam melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertsntu, anak dapat memperolehnya dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain. Keterlibatan dan kecermatan orang tua terutama ibu akan dapat membatu anak menjalani tugas-tugas perkembangan psikomotor secara optimal.

Pemantauan perkembangan psikomotor anak penting untuk mengetahui penyimpangan secara dini sehingga upaya keterlambatan perkembangan, upaya stimulasi upaya penyembuhan serta pemulihan dalam pelayanan kesehatan anak dapat dilakukan secara dinl pula. Upaya tersebut dilakukan dengan memperhatikan tahap tahap perkembangan anak sesui sesuai dengan usia sehingga dapat tercapai kondisi optimal. Pada umumnya terdapat pola-pola tertentu dalam perkembangan anak. Namun pada hakekatnya perkembangan pada masing-masing anak bersifat unik dan bersifat individual, akibatnya tidak mungkin untuk mengukur perkembangan anak secara keseluruhan. Yang dapat diukur hanyalah gejala atau tanda-tanda tertentu dari perkembangan tersebut atu gambaran secara umum. 

Tidak adanya hubungan antara pengetahuan ibu tentang perkembangan anak dengan perkembangan psikomotor anak usia 3-5 tahun bukan berarti pengetahuan ibu tidak mempengaruhi perkembanga anak. Hal ini berarti bisa saja ibu mempunyai pengetahuan yang baik tentang perkembangan anak tetapi memiliki anak yang perkembanagan psikomotor abnormal, dan iuga bisa ibu yang pengetahuanya tentang perkembangan anak kurang baik tetapi dia memiliki anak dengan perkembamgan psikomotor normal. lni terlihat dari hasil penelitian yaitu responden yang mempunyai tingkat pengetahuan baik tetapi memiliki anak yang perkembangan psikomotornys tidak normal sebanyak 2anak (10,0) dan responden yang mempunyai tingkat pengetahuan baik tetapi memiliki anak perkembangan normal sebayak 18 anak (90,0%) sedangkan responden yang tingkat pengetahuan yang tidak baik tetapi memiliki anak yang normal ad sebanyak 13 anak (76,5%). 

Menurut pendapat Firda Nuril agar orang tua mampu melakukan fungsinya dengan baik maka orang tpa perlu memahami tingkat pe$embangan anak dan mempunyai motivasi yang kuat untuk mengajukan tumbuh kembang anak. Adapun kesempatan untuk menggerakkan anggota tubuh, rangsangan dan dorongan kepada anak mempercepat tercapainya kemampuan motorit. Perkembangan motorik yang kurang ayau gagal mekipun ibinya mempunyai tingkat pengetahuan yang baik kemungknan disebabkan karena kurangnya kesempatan untuk berlatih menggunakan anggota tubuhnya seta adanya perlindungan yang berlebuhan akan melumpuhkan kesiapan berkembangnya kemampuan motorik anak. 

Pengetahuan ibu sangat dipengaruhi oleh factor umur.  Dalam beberapa pendapat menyatakan bahwa nibu yang berusia dewasa cenderung mempunyai pengetahuan yang baik terhadap perkembangan social anak, Hal ini berartibahwa semakin dewasa usia seseorang semakin banyak pengalaman yang didapat dari hasil mencoba dan melaksakan suatu ketrampilan, Kematangan mental pada setiap usia menuniukan adanya suatu kecerdasan dan pengetahuan yang lebih baik. 

Dalam penelitian ini pengetahuan ibu yang baik sebagian besar adalah ibu tani, dengan demikian mempunyai peranan yang besar dalam pembentukan nilai kepribadian serta dapat memperhatikan aKilitas perkembangan psikomotor anak dengan baik.

Menurut para tokoh, menyatakan bahwa seorang ibu yang bekerja dan meninggalkan anak-anak mereka pada orang lain untuk sebagian waktunya akan mersakan kehwatiran bahwa ibu tidak memberikan cukup "keibuan" yang dibuuhkan dalam perkembangan psikomotor analt. Ibu yang mempunyai baik tentang perkembangan psikomotor anak dapat dilihat dari sikap ibu yang berpengalaman, luwes, aktil atau mempunyai rasa keingintahuannya yang tinggi, tidak melindungi, tidak memanjakan, dapat menerima keadaan anak secara keseluruhan, dan dapat berbuat sadar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun