Dunia saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan rumit dan berkepanjangan mengenai pandemi coronavirus disease (covid-19). Di indonesia, salah satu upaya pencegahan penyebaran virus tersebut adalah dengan membuat kebijakan pembelajaran jarak jauh pada bidang pendidikan. Kebijakan pembelajaran jarak jauh secara tidak langsung telah mengubah paradigma sistem pembelajaran konvensional yang semula tatap muka di kelas kemudian berubah menjadi secara virtual dan tidak bertemu langsung di kelas.Â
Dalam hal ini tentu para pelajar baik dari tingkat mahasiswa sampai kanak-kanak harus beradaptasi dari sistem pembelajaran baru. Disini, penulis selaku mahasiswa yang tengah melakukan kegiatan KKN juga perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitar . KKN ini merupakan suatu kegiatan yang berupa pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara individu agar menghentikan laju penyebaran virus covid-19 yang bertema KKN Back To Village di kampus Universitas Jember. Dimana mahasiswa melakukan kegiatan KKN di lingkungan tempat tinggal masing-masing.
Penulis melaksanakan kegiatan KKN di daerah tempat tinggal yaitu di Desa Awar-Awar, kec. Asembagus, kab. Situbondo. Program KKN yang dipilih berfokus pada penerapan penggunaan media pembelajaran online yang didukung dengan apresiasi siswa sekolah dasar dalam belajar. Saat ini, pembelajaran di beberapa sekolah masih terbilang masih kurang maksimal karena harus belajar dirumah masing-masing.Â
Permasalahan yang dialami yaitu guru yang mengajar secara online hanya mengandalkan media whatsapp dengan cara memberikan materi dari via link youtube ataupun mengirim gambar yang di poroleh dari buku serta apabila ada tugas, siswa wajib mengumpulkan buku ke sekolah dengan wajib memperhatikan protokol kesehatan.Â
Dalam hal ini, kurangnya pengetahuan guru tentang media pembelajaran lain secara online yang dapat di terapkan dalam pembelajaran. Pada saat ujian pun, guru mengirim soal berupa voicenot via whatsapp dan di tarik dalam beberapa menit setiap soalnya. Disamping itu, masih kurangnya penggunaan media belajar anak di masyarakat sehingga orangtua siswa juga sulit mengontrol anak dalam bermain hp yang terlalu lama sehingga waktu belajar anak menjadi berkurang.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis menekankan Program Kerja KKN untuk mewujudkan tercapainya kegiatan belajar dari rumah dengan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran online berupa aplikasi zoom dan penerapan penggunaan google form agar kegiatan pembelajaran lebih inovatif dan interaksi antara guru dengan siswa berjalan baik dan menarik sehingga diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat.Â
Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada orangtua siswa dengan mengenalkan aplikasi zenius sebagai penunjang belajar siswa dan penulis juga mendampingi siswa dalam proses pembelajaran dengan mengadakan kelas literasi belajar guna meningkatkan minat belajar siswa. Penulis berharap kegiatan tersebut penggunaan media pembelajaran dapat bermanfaat dan dapat dilaksanakan secara maksimal untuk meningkatkan belajar siswa.
Oleh :
Firda Nurhosainiya
KKN BTV III UNEJ Kelompok 69