Mohon tunggu...
Fiola OktaNingtias
Fiola OktaNingtias Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang sedang melanjutkan kuliah di jenjang magister manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran Jasa dalam Konteks Pemasaran Relasional atau Relationship Marketing

4 Juni 2022   13:00 Diperbarui: 4 Juni 2022   13:04 1521
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemasaran sangat penting dalam suatu perusahaan karena merupakan jantung dari perusahaan atau dapat dikatakan kelangsungan hidup perusahaan adalah dalam kegiatan pemasaran, dimana perusahaan selalu berusaha untuk berkembang dan mencapai tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan. 

Pemasaran bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen pasar sasaran dan memuaskan mereka melalui proses pertukaran sambil tetap mempertimbangkan semua pihak dan tujuan yang terkait dengan kepentingan perusahaan.

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan (nilai) produk dengan pihak lain, dengan harapan memberikan kepuasan pelanggan.

Dalam pemasaran terdapat suatu konsep yang dikenal dengan istilah pemasaran relasional atua Relationship Marketing yang sangat berkaitan dengan pemasaran jasa. Mengingat tingginya tingkat partisipasi dan interaksi antara konsumen dan penyedia layanan di sebagian besar bisnis. 

Oleh karena itu, pendekatan pemasaran yang hanya transaksional Transactional Marketing dengan tujuan volume penjualan jangka pendek menjadi kurang kondusif bagi praktik bisnis jasa. Pemasaran rasional menekankan pada perolehan dan retensi pelanggan dengan meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan. 

Dengan demikian, memperoleh pelanggan baru hanyalah langkah awal dalam pemasaran relasional (Leonard Berry, 1983). Selain itu, mempertahankan pelanggan secara signifikan lebih murah daripada memperoleh yang baru. Menurut penelitian, biayanya lima kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada.

Dalam hal kegiatan pemasaran, mengutamakan pelanggan adalah strategi terbaik untuk digunakan dalam industri jasa. Pemberian layanan purna jual kepada pelanggan merupakan contoh bagaimana layanan pelanggan harus dikembangkan. Ini adalah metode lain untuk membuat pelanggan yang sudah ada senang. 

Sebagai alternatif strategis dari pendekatan bauran pemasaran tradisional, pemasaran relasional adalah cara terbaik untuk membangun loyalitas pelanggan jangka panjang dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Akibatnya, pemasaran relasional telah berkembang menjadi aspek yang sangat penting dari industri jasa.

Pemasaran relasional adalah implementasi dari filosofi customer-centric yang memungkinkan bisnis untuk mempertahankan pelanggan dengan mendapatkan loyalitas dan komitmen mereka. 

Dengan demikian, pemasaran relasional dapat didefinisikan sebagai upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang setiap pelanggan, menjalin komunikasi dua arah dengan konsumen, dan mengelola hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun