Mohon tunggu...
finiez habeahan
finiez habeahan Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah cara sederhana untuk berbagi

Nemo dat Quot Non Habet

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar

19 Juli 2024   12:08 Diperbarui: 19 Juli 2024   12:24 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memiliki kebiasaan yang baik dalam hidup merupakan aset yang sangat penting. Aset itu tentu menjadi sesuatu hal yang sangat berharga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saya mencoba hal-hal yang sederhana untuk membangun kepribadian saya menjadi lebih baik,lebih bermanfaat dan lebih efektif.

Setiap hari saya memiliki kebiasaan-kebiasaan kecil yang berdampak besar dalam hidupku. Tentu untuk membangun kebiasaan ini saya juga mengalami jatuh bangun. Hal ini saya lakukan karena saya menyadari pentingnya peran saya dalam mendampingi anak-anak. Saya bertugas sebagai seorang guru. Tugas ini menuntut saya untuk memiliki tenaga yang ekstra setiap hari. Mendampingi anak-anak SD adalah sesuatu yang terus diperjuangkan karena tidak hanya mentransfer ilmu, melainkan mendidiknya dengan hati dan rasa.

Oleh karena itu, saya mencoba beberapa hal kecil ini dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang baik dalam hidup :

1. Bangun lebih awal

Aktivitas ini saya lakukan agar saya memiliki banyak kesempatan untuk beraktivitas, memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segala yang saya perlukan. Setiap pagi saya bangun pukul 4.30 wib, setelah itu saya mencuci, mandi dan berkemas setelah itu saya meditasi, berdoa kemudian sarapan pagi dan berangkat kesekolah. Rutinitas ini tentu membuat saya tidak pernah terlambat ke sekolah, tidak pernah lalai dalam tugas dan selalu fit setiap hari.

2. Minum air putih minimal 8 gelas satu hari

kita semua tentu tau apa manfaat air dalam diri kita. Cairan dalam tubuh perlu dijaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Cairan dalam tubuh perlu diperhatikan dan dipenuhi agar kita tetap mampu melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.membawa botol minum setiap kali bepergian adalah hal yang sangat bijaksana daripada kita selalu membeli minuman dalam kemasan. Dengan menggunakan botol minum kita turut serta menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi timbunan sampah dilingkungan kita tinggal.

3. Melestarikan budaya 3 S

Salam,sapa dan senyum akan meningkatkan aura positif dalam diri kita. Selain itu budaya 3s ini akan membuat orang lain nyaman dan bahagia disamping kita. Melempar senyum,memberi salam,dan menyapa bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Budaya 3s ini menjadikan saya pribadi yang menghargai pentingnya kehadiran setiap  orang dalam hidupku.

4. Membaca buku minimal satu buku dalam sebulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun