Mohon tunggu...
Ade Firmansyah
Ade Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Budidaya Katak Hias

Aku, salah satu orang beruntung yang sudah melihat isi dari 'Kotak Pandora'. Aku akan membagikan semuanya, dan aku akan menuliskannya:)

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Epic Rap Battles Of Presidency 2024 Tayang, Youtuber kecil Girang

20 Februari 2024   15:18 Diperbarui: 20 Februari 2024   15:34 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Indonesian24 kembali membuat Epic Rap Battles Of Presidency, yang ke-4 kalinya. Meski mereka sudah tidak aktif lagi di Dunia per-youtube-an, setelah pensiun tahun lalu, mereka tetap membuat Epic Rap Battles Of Presidency, ‘ini bukan comeback. Ini tradisi’ kata Skinny Indonesian24 dikolom komentar videonya.

Sudah menjadi tradisi memang, mereka membuat Epic Rap Battles dari jaman Pemilu 2014, Lalu Pilgub DKI Jakarta, Lanjut ke Pemilu 2019, Dan pada tanggal 24 juni 2021, mereka mengunggah video terakhir mereka, sebelum akhirnya mereka pensiun dari dunia youtube.

Jujur, menurut saya, itu keputusan yang bagus, untuk mereka pensiun di tahun 2021 lalu. Bukan berarti saya tidak suka konten mereka, tapi waktu itu, memang algoritma youtube di Indonesia sudah seperti sistem hukum di negara kita, Abstrak (Tidak kasat mata, tidak jelas, tidak terdefinisi).

Tapi tahun ini, mereka kembali membuat karya mereka, dengan judul Epic Rap Battles Of Presidency 2024. Karya sekeren itu, jadi obat penawar rindu bagi pengikut lama, yang rindu karya-karya mereka.

Adanya ‘Epic Rap Battles Of Presidency 2024’ juga menjadi jalan pintas bagi Youtuber-youtuber kecil diluar sana. Dari Indonesia, sampai Mancanegara, semua mengambil kesempatan ini untuk mendapat panggung.

Fenomena ini, juga dirasakan oleh Suno(nama samaran), youtuber muda asal Mojokerto. Yang memulai karirnya sejak Januari 2024 lalu. Terbilang cukup baru, untuk seorang conten creator. Tapi saat kamu mengunjungi Instagram-nya, kamu akan mengetahui profesinya, yang ditulis cantik, di bio Instagram-nya: Conten Creator, Artists, Musician.

Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada Suno, tapi sebelum itu saya ingin membagikan sudut pandang saya, sebagai seorang penikmat seni, tentang fenomena ini.

Jika mesin waktu benar-benar ada, dan harganya murah, mungkin saya akan membeli satu, agar saya bisa berkunjung ke tahun 2015. Di tahun itu, saya bisa melihat beranda youtube saya berisi konten-konten yang variatif. Saya bisa melihat konten-konten kreatif waktu itu, tanpa terhalang konten-konten kreatif saat ini.

Di tahun 2015 saya bisa melihat para content creator berlomba membuat karya terbaik mereka. Dengan banyak pilihan warna, untuk kita penonton.

Seperti Raditya Dika, Kevin Anggara, Bayu SKAK, dengan sketsa komedinya. Bayu SKAK dulu menjadi inspirasi untuk anak-anak daerah, karena menjadi youtuber daerah pertama yang mencapai 1 juta subscriber.

Lalu skinny Indonesian24, Agung hapsah, Tim2one, dengan konten kreatifnya. Untuk gamers ada Reza Arap, Miaw Aug, dan Tara Arts. Untuk Tara Arts bukan cuma bermain game, tapi juga membahas banyak hal menarik tentang game. Khususnya game konsol waktu itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun