Mohon tunggu...
Ade Firmansyah
Ade Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Budidaya Katak Hias

Aku, salah satu orang beruntung yang sudah melihat isi dari 'Kotak Pandora'. Aku akan membagikan semuanya, dan aku akan menuliskannya:)

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih

Isu Dinasti Tembus New York Times

20 Februari 2024   13:27 Diperbarui: 20 Februari 2024   13:27 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pexels.com/Burak Argun

Isu Dinasti nggak Cuma rame di Indonesia saja, Isu Dinasti sudah melaju cepat sampai mancanegara. Secepat perhitungan quick count yang jadi perbincangan. Iyah, isu politik memang jadi isu yang paling sering dibicarakan semua orang. Mulai dari Bapak-bapak yang nongkrong di warung kopi, sampai mahasiswa yang nongkrong di senopati. 

Jadi wajar, menurut saya, jika itu bisa menyebar cepat sampai luar negeri.

Di era pemilu ini, isu politik di Indonesia jadi berita yang diangkat oleh Sui-Lee Wee dan Muktita Suhartono, pada portal berita internasional, New York Times. Jangkrik, kita mesti bangga apa gimana yah? Kalo hal kontroversial itu jadi berita di luara negeri? Nggak tu deh, mungkin rumput yang pargoy tau jawabannya.

Berita politik Indonesia diangkat dan mangkring di New York Times, dengan judul 'A Feared Ex-General Appears Set to Become Indonesia's New Leader' (Seorang Mantan Jenderal yang Tampil Ditetapkan untuk Menjadi Pemimpin Baru Indonesia). Apa menurutmu berita itu ngebahas prabowo yang jadi capres? Iyah, tapi bukan cuma itu saja. Banyak sekali kontroversi politik Indonesia yang ikut dibahas di berita itu.

Kalo kamu baca artikel beritanya di New York Times langsung. Setelah judul berita, kamu sudah akan disambut kalimat pembuka, yang kalo diterjemahkan ke Indonesia kira-kira seperti ini:  

'Prabowo Subianto dikeluarkan dari militer atas tuduhan pelanggaran HAM. Sekarang, ia diprediksi untuk memenangkan kepresidenan negara itu langsung di babak pertama.' Jangkrik, baru pembukaan, langsung kayak gitu. Kalo Pak Prabowo baca langsung mungkin beliau bakalan bilang "setiap poling saya naik, selalu saja, Ham lagi yang diungkit". Yah, makannya klarifikasi yang jelas pak, jangan muter-muter, ngomong jejak digitalnya ada, terserah rakyat lah.

Sekarang jadi diangkat media internasional kan! siap-siap aja, nanti yang nanya bukan Cuma orang Indonesia. Tapi orang luar negeri juga jadi ikutan kepo. Bentar, sebelum para pembaca over thinking, saya harus mengatakan saya tidak berpihak pada salah satu paslon. Dan saya akan berusaha se-netral mungkin, mulai dari sini paham? 

Disinggung juga masalah Pak Jokowi, serta isu dinasti yang  terdengar sriwing-sriwing ditelinganya. Dan disini, saya akan merangkum sekiranya apa saja yang tertulis disana. Untuk kalian yang nerjemahinnya ribet, dan merasa 

keberatan, karena di New York Times kamu juga harus berlangganan. Saya akan membagikan info in, Spesial for you. Saya belum menuliskan ini dimana-mana yah, ini Eksklusif di Kompasiana no secret. wkwk..

*Menteri Pertahanan Mr Prabowo Subianto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun