Suatu proses pendidikan dapat dikatakan baik atau bermutu, apabila jika upaya yang dilakukan  berhasil dan mengantarkan peserta didik pada tujuan yang ada. Apa yang diajarkan guru perlu dipahami  dengan baik oleh peserta didik. Oleh karna itu, pendidikan merupakan permasalahan yang sangat penting bagi bangsa,  bahkan pendidikan dianggap sebagai permasalah bagi semua orang. Pendidikan agama memegang peranan penting dan tanggung jawab paling besar dalam pembinaan generasi muda, karna merupakan cikal bakal sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaingan secara global. pendidikan agama islam lebih cocok dijadikan landasan moral dalam menghadapi perjalanan kehidupan. Salah satu unsur terpenting dalam pendidikan ialah seorang guru. Guru harus menguasai apa yang akan disampaikan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang diajarkan, namun pada kenyataaanya pendidikan agama yang diberikan oleh guru hanya terfokus pada penyampaian ilmu bukan pada pembentukan sikap dan perilaku peserta didik, sehingga peserta didik menganggap bahwa agama hanya dianggap sebagai pengetahuan saja. Mereka memandangnya hanya sebagai ilmu, dan beranggapan bahwa agama tersebut tidak dapat diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. Kinerja guru mempunyai dampak penting terhadap keberhasilan peseta didik.
    Permasalahan dalam pendidikan islam adalah terbatasnya sarana dan prasarana, baik dari segi pengembangan, media pembelajaran, maupun teknologi. Berbicara mengenai akses pendidikan islam di daerah terpencil, yang kita maksud adalah kemampuan individu atau kelompok didaerah yang suliyt dijangkau untuk mengakses pendidikan islam. Pendidikan islam di daerah terpencil berperan penting dalam membentuk karakter dan moral. Pendidikan adalah seni untuk karakter. Di daerah terpencil akses pendidikan seringkali terbatas akibat beberapa faktor :
1.Infrastruktur yang buruk
Prasarana yang buruk jalan yang tidak memadai dan transportasi yang buruk, membuar sekolah sulit dikases.
2.Kekurangan tenaga pengajar
Banyak tenaga pendidik di daerah terpencil yang lulusanya hanya samapi jenjang Sekolah Menengah Atas karna faktor wilayahnya yang terletak di daerah terpencil sehingga kurang banyaknya masyarakat memperhatikan pentingnya pendidika. Apabila tenaga pendidik memiliki kualitas dengan kualifikasi yang baik makan pendidikan akan berhasil begitu pula dengan sebaliknya
3.Minimnya sumber daya
Keterbatasan bahan ajar dan fasilitas pendidikan, seperti perpustakaan, ruang belajar, unit kesehatan sekolah, kantor guru, toilet dan lapangan.
4.Keterbatasan teknologi
Kurangnya akses terhadap teknologi informasi yang bisa mendukung pembelajaran, dimana era modern saat ini sangat perkembangan dengan pesat.
5.Sikap masyarakat
Dapat dikatakan bahwa rendahnnya minat anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi serta kondisi sosial masyarakat setempat.
Solusi dari kendala diatas seperti:
1.memulai pembangunan infrastrukur
2.program penempatan guru
3.penyediaan sumber daya
4.pemanfaatan teknologi
5.adanya sosilisasi dan penyuluhan kepada masyarakat
     pendidikan islam tidak hanya memberikan pengetahuan agama, tetapi juga membentuk karakter dan moral masyarakat, serta memberdayakan individu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan komitmen yang kuat dari pemerintah, lembaga masyarakat, dan komunitas lokl da[pat menciptakan lingkungan yang memdukunf pendidikan yang metata dan berkualitas. Karna sedikitnya adab akan menutupi banyaknya kekurangan dari setiap individu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H