Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Belajar EYD Bersama Fiksiana Community (Penggunaan Tanda Titik)

16 Februari 2016   11:12 Diperbarui: 16 Februari 2016   18:25 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="#BelajarEYD"][/caption]

Halo Fiksianer! Di grup facebook Fiksiana Community sedang diadakan event #BelajarEYDFC, nih! Belajar ejaan yang disempurnakan bersama Fiksiana Community! 

FC telah mengagendakan bahwa setiap minggunya akan mengajak member untuk belajar bersama. Tidak bermaksud menggurui, karena kami yakin member juga banyak yang lebih mengerti.

Pada edisi pertama ini kita akan belajar tentang tanda baca yang sering sekali luput dalam perhatian kita ketika menulis. Entah dengan alasan belum tahu, tidak teliti, suka-suka gue atau males. Tanpa sadar kita sering sekali salah dalam menggunakan tanda baca atau bahkan tidak menggunakan atau mengabaikannya sama sekali. Padahal penggunaan tanda baca adalah salah satu indikator baku tidaknya sebuah kalimat.

Materi belajar bareng ini bukan untuk memaksa kita semua untuk berbahasa baku, yang terpenting agar tulisan kita enak dibaca. Memang suka-suka kita mau menulis gimana, misal obral titik. Tapi pasti lebih menyenangkan kalau tulisan kita bisa sesuai kaidah bahasa, 'apik' dan enak dibaca kan?

#TandaBacaTitik (.)

Menurut EYD, tanda titik digunakan untuk:

1. Mengakhiri kalimat.
Contoh:
- Kami sedang belajar bersama di kelas.
- Langit berkata kepadaku, “Jangan lupa posting materi belajar di grup."

2. Digunakan dalam enumerisasi penulisan
Contoh:
A. Latar Belakang
1. Pendahuluan
1.1 Sejarah
1.2 dst.

3. Memisahkan antara jam dengan menit dan detik, untuk menunjukkan waktu dan jangka waktu
Contoh:

a. menunjukkan waktu
- sekarang jam 07.07.03 (artinya jam 7 lewat 7 menit 3 detik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun