Mohon tunggu...
De Kils Difa
De Kils Difa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penikmat

Berkarya Tiada BAtaS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memaafkan ala Muhammad SAW

24 Desember 2015   08:28 Diperbarui: 24 Desember 2015   09:35 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nabi Muhammad saw terkenal dengan akhlak mulianya. Tak putus sejarah menuliskan berbagai akhlak terpuji yang beliau miliki.

Sikap jujur, sabar, tawakal, rendah hati, kasih sayang, dapat dipercaya, berani, pemaaf, sederhana, murah senyum, bijaksana, dan masih banyak lagi sikap terpuji lainnya yang patut kita contoh dalam beraktifitas sehari-hari.

Manfaat dari akhlak mulia yang dimilikinya , bukan hanya berdampak positif bagi pribadi Nabi Muhammad saw, lebih dari itu manfaat besar di dapatkan oleh seluruh sahabat dan alam semesta yang pernah berinteraksi dan bertemu dengan beliau.

Seperti satu contoh sikap terpuji Nabi Muhammad saw ketika mendapati perlakuan yang tidak baik (jahat) dari seseorang yang benci dengan sepak terjang beliau saat berdakwah.

Perlakuan buruk orang tersebut yang suka menganggu Nabi Muhammad saw dengan meludah, melempar batu hingga cidera, akhirnya membuat Allah swt menegur orang tersebut dengan memberinya penyakit. Ia terbaring lemas di tempat istirahatnya.

Mendapati orang yang biasa mengganggunya sedang sakit, Nabi Muhammad saw bukannya membalas perbuatan yang telah dilakukan orang itu, justru beliau melakukan tindakan di luar dugaan dengan MENJENGUK sekaligus MEMAAFKAN dan MENDOAKAN untuk kesembuhan orang tersebut.

Sungguh luar biasa

Mengingatkanku kepada tulisan Opa Tjitadinata Effendi dalam buku "Beranda Rasa" dalam tulisan yang berjudul "Ketika Orang Merasa Dirinya Hebat". Tak ada rasa benci, tak ada rasa dendam, meski telah dihina dan disakiti.

Sungguh akhlak mulia yang perlu diamalkan bagi siapapun dan dimanapun berada. Semoga

Allahumma Sholli 'Alaa Muhammad

Rindu dan cintaku tuk sang pencinta anak yatim

Semoga berkah dan bahagia menaungi beliau beserta keluarga, sahabat juga para pengikutnya dunia dan akhirat. Aamiin 99x

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun