Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Serunya Mengunjungi Surau di Negeri Seberang

30 April 2020   23:06 Diperbarui: 30 April 2020   23:07 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid India di Johor Bahru (dok.pribadi)

Pada tahun 2017 lalu saya sempat mengajak keluarga ke Negeri Jiran, Malaysia. Tujuan utamanya sebenarnya mengunjungi Legoland di Nusajaya. Tetapi, karena punya kelonggaran waktu, akhirnya hari pertama pun saya habiskan mengelilingi pusat kota Johor Bahru dengan berjalan kaki.

Entah kebiasaan atau bukan, ketika menginjakkan kaki di negeri orang atau daerah orang lain, satu tempat yang selalu saya kunjungi adalah surau atau masjidnya. Malah kadang-kadang saya juga mengunjungi tempat ibadah lain.

Legenda Johor Bahru (dok.pribadi)
Legenda Johor Bahru (dok.pribadi)

Negeri Jiran sebenarnya tidak berbeda dengan di Indonesia. Masjid dengan mudah ditemukan, tetapi kadang-kadang bentuknya tidak benar-benar seperti masjid. Apalagi kalau kita jalan-jalan ke Singapura.

Contohnya Majid di Johor Bahru ini yang bentuknya seperti sebuah rumah dengan gaya art deco nya yang sangat kental. Di dalam peta Masjid ini dinamai dengan Masjid India. Bisa jadi karena di pusat Johor Bahru memang cukup banyak berseliweran orang-orang seperti Jarjit dalam film kartun Ipin dan Upin.

Ada batas sucinya juga (dok.pribadi)
Ada batas sucinya juga (dok.pribadi)

Sayangnya saya datang terlalu pagi sehingga pintu gerbang masjid pun terkunci rapat. Pun tidak ada orang yang bisa saya temui di sana. Akhirnya saya hanya bisa melihatnya dari luar pagar dan mengabadikan beberapa foto.

Uniknya, tidak jauh dari masjid tersebut berdiri megah sebuah gereja dengan gaya arsitektur yang tak kalah klasik. Menaranya sangat sehingga sangat mudah untuk melihatnya dari kejauhan.

Karena penasaran akhirnya saya pun mendatanginya. Beruntung pintu pagarnya terbuka sehingga saya bisa leluasa masuk. Menariknya, di dalam gereja ini terdapat dua patung bunda Maria yang dianggap sebagai dewa. Beberapa orang yang saya lihat seperti etnis India beribadat dan berdoa di depannya.

Gereja di Johor Bahru (dok.pribadi)
Gereja di Johor Bahru (dok.pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun