Mungkin masih banyak masyarakat yang juga belum paham bahwa kini Perusahaan Umum BULOG atau disingkat dengan Perum BULOG bukan hanya sekadar mengurus hajat hidup orang banyak yaitu ketahanan pangan berupa beras.
Tugas BULOG memang betalian dengan menjaga stabilitas harga mulai dari produsen hingga konsumen serta menjaga stok untuk intervensi pasar saat dibutuhkan. Bahkan kini Perum BULOG sudah memiliki kewenangan dalam pengendalian 12 komoditas pokok seperti kedelai, jagung, gula, bawang merah, cabai merah, daging, minyak goreng, dll.
Tapi, apakah dampaknya sudah terasa hingga konsumen tertentu terutama konsumen masyarakat kelas menengah ke bawah?Di era disrupsi sekarang ini seharusnya BULOG bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman dan teknologi bukan hanya sekadar memanfaatkan digital marketing semata. BULOG harus lebih agresif dengan memanfaat semua jalur untuk memudahkan konsumen mendapatkan komoditas pokoh sesuai dengan HET yang sudah ditetapkan. Â
BULOG Keliling
Intervensi harga semestinya tidak menunggu masyarakat menjert dengan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok jelang Ramadan maupun jelang Lebaran. BULOG keliling juga tidak harus selalu dilakukan di beberapa pasar tapi langsung mendekat ke masyarakat seperti ke pemukiman penduduk.
Langkah ini diperlukan untuk menjaga stabilitas harga. Dengan adanya BULOG keliling masyarakat punya pilihan. Sementara produsen juga tidak bisa bermain dengan harga karena sudah ada HET. Agar tugas BULOG dalam menjaga stabilitas harga menjadi lebih terasa di masyarakat.
Masyarakat bisa mendapatkan informasi BULOG keliling dari kanal media sosial BULOG sehingga bisa diakses dengan mudah pada saat BULOG melaksanakan BULOG keliling. Ada kesan bahwa saat ini BULOG hanya melakukan operasi pasar jika diliput media, atau ketika masyarakat sudah menjerit.
Partnership dengan Marketplace
Langkah lain yang juga bisa dilakukan Perum BULOG adalah bekerja sama dengan beberapa marketplace di Indonesia. BULOG bisa bekerja sama dengan membuka official partner dengan beberapa market place terkemuka misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dll.
Dengan begitu, masyarakat yang nantinya akan didominasi generasi milenial akan semakin dimudahkan. Kemudahan berbelanja secara online teruji dan terbukti menjaga harga. Langkah ini perlu dicoba jika sesuai dengan undang-undang dan koridor hukum yang berlaku.