[caption id="attachment_354668" align="aligncenter" width="327" caption="New Mirage Sporty yang saya gunakan dalam Fun Drive Eco Driving keliling Jakarta"][/caption]
Siapa yang tidak mengenal Mitsubishi Lancer Evolution? Semua anak muda yang hobi balap atau bahkan yang suka dengan games Need For Speed pasti tau kegaharan mesinnya di track balap. Kini DNA balap Evolution hadir dalam bentuk city car "The Sport Utility City Car" begitulah Mitsubishi mengusung mobil yang telah di launching Januari 2015 lalu di Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Mitsubishi New Mirage Sporty bakal menjadi kompetitor berat bagi pesaing-pesaingnya karena memiliki keunggulan dalam mesin meskipun mengusung 1.2L. Tanpa ubahan apapun di sektor mesin, Mirage mampu menjadi juara dalam ajang Kejuraan Sprint Rally 2014di kelas N-15 . Lintasan relli di perkebunan Lonsum, Rambong Sialang, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mampu di taklukkan Subhan Aksa dan Co driver Hade Mboi yang mampu mencatat waktu 13 menit 50 detik seperti diberitakan otomotif.kompas.com. [caption id="" align="aligncenter" width="382" caption="Mobil yang digunakan Subhan Aksa dalam Rally 2014 dan memanangi juara pertama/dok.otomotif.kompas.com"]
Mobil yang digunakan Subhan Aksa dalam Rally 2014 dan memanangi juara pertama/dok.otomotif.kompas.com
[/caption] Dengan mesin 1.200 cc Mitsubishi Mirage harus melawan mobil lain yang memiliki cc lebih besar karena berada di kelas N-15. Hal ini jelas membuktikan bahwa DNA Evolution bukan hanya pencitraan belaka. Subhan Aksa menceritakan tidak melakukan banyak ubahan dalam mesin karena harus mengikuti regulasi. Dengan Mirage varian terendah tipe GLX dengan transmisi 5-percepatan manual, Subhan Aksa membuktikan bahwa Mitsubishi Mirage patut diperhitungkan sebagai Sport Utility City Car. [caption id="attachment_354678" align="aligncenter" width="280" caption="Aerodinamika yang tajam sehingga membuat mobil semakin irit bahan bakar"]
[/caption] Tampilan eksterior New Mirage Sporty (Selanjutnya NMS) memang berbeda dengan tipe Mirage biasa. Mulai dari depan, NMS memiliki front body kit yang hampir serupa dengan Evolution bahkan Outlander sehingga terkesan lebih Sporty. Ditambah lagi dengan side sill extension yang membuat NMS lebih berotot namun tetap stylish. [caption id="attachment_354683" align="aligncenter" width="280" caption="Fog lamp dan DRL NMS"]
[/caption] Kesan sporty di depan, masih di tambah lagi dengan fog lamp yang akan menemani petualangan anak muda yang masih suka menjelajahi tempat-tempat baru baik dalam dan luar kota serta tambahan DRL atau Daytime Running Lights yang membuat semakin aman dan nyaman sehingga pergerakan mobil semakin mudah teridentifikasi dari arah yang berlawanan. Sporty Stripes yang elegan tidak membuat NMS terkesan rame dan norak, namun menjadikan identitas yang bisa dijadikan tampilan lebih manis, simple dan sporty. Stripes sporty tersebut hanya akan didapatkan untuk tipe NMS saja. [caption id="attachment_354680" align="aligncenter" width="280" caption="Sektor belakang juga tak luput dari kesan sporty"]
[/caption]
Beralih ke sektor belakang NMS, rear body kit menyatu dengan paduan rear spoiler sehingga terkesan seperti mobil balap. Muffler Cutter, si corong knalpot juga tampil lebih elegan dengan balutan chrome membuat ubahan yang cukup detail.
Masuk ke interior NMS, semua terkesan simple dan sporty. Dengan dual SRS Air Bags semakin membuat nyaman pengemudi karena tingkat keselamatan menjadi jaminan NMS. Kompartemen yang cukup banyak memudahkan penumpang dan pengemudi menyimpan berbagai barang seperti uang logam, kartu parkir, hingga gadget yang bisa diselipkan tanpa khawatir diketahui dari luar.
Semua kompartemen di susun dengan rapi dan mudah dijangkau oleh tangan. NMS dengan kompartemen cukup banyak ini juga dibutuhkan banyak pengemudi wanita yang memiliki banyak barang mulai dari dompet, make up hingga beberapa acessoris yang bisa diselipkan di beberapa kompartemen di setiap sisi pintu depan.
[caption id="attachment_354686" align="aligncenter" width="280" caption="laci bawah kemudi"]
[/caption]
Tempat penyimpanan di bawah kemudi ini patut diwaspadai agar tidak menyimpan barang yang cukup besar. Karena dikhawatirkan ketika terjatuh akan menghambat pedal gas maupun pedal rem. Akan lebih baik tempat penyimpanan ini diberikan penutup sehingga barang tidak mudah jatuh dan menganggu pijakan pengemudi. Akibatnya akan sangat fatal jika menghambat pijakan rem. Maka meskipun terkesan sebagai bonus laci, namun harus diwaspadai untuk tidak menaruh barang yang bisa berpotensi membahayakan ruang gerak bahkan bisa menghambat pijakan gas atau rem.
[caption id="attachment_354687" align="aligncenter" width="280" caption="Power Window dan Electric Spion "]
[/caption] Beralih ke sisi kanan pengemudi terdapat panel electric mirror dan panel tombol fog lamp dan DRL. Tombol power window untuk kontrol semua jendela pun berada di sisi kanan yang nyaman bresanding dangan window lock yang berfungsi untuk menjaga agar jendela tidak dimainkan atau dibuka secara tiba-tiba oleh anak-anak yang duduk di kabin belakang. Central Lock juga berfungsi secara apik mengontrol lima pintu secara terpusat. Tuas tangki bensin berada di bawah sisi kanan sehingga bisa ditarik dengan mudah dalam jangkauan tangan. [caption id="attachment_354688" align="aligncenter" width="280" caption="Speedometer dengan MID yang sudah dilengkapi dengan fitur ECO Driving. Mobil yang saya tunggangi ini sempat mencapai top average fuel consumption 16.2 di jalan tol dari PIK menuju Pondok Pinang "]
[/caption] Putaran mesin dan percepatan sangat mudah di lihat dan friendly sehingga bisa memantau kecepatan kendaraan baik di dalam maupun di luar kota. Ditambah lagi dengan MID yang memberikan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar secara aktual, konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh dan perbandingan antara kota A dan kota B yang bisa disetting dengan mudah dan sederhana hanya dengan beberapa kali tekanan tuas yang berada di speedometer. [caption id="attachment_354689" align="aligncenter" width="327" caption="Kemudi cukup nyaman"]
[/caption] Kemudi cukup nyaman dan ngegrip namun terkesan kurang sporty, Jika ditambahkan lekukan untuk jempol di posisi angka dua dan sepuluh makaDNA sporty benar-benar kentara ketika berada di balik kemudi. Untuk tipe Exceed sudah memiliki audio switch control di kemudinya sehingga tidak perlu repot menggunakan remote atau menjangkau volume radio. [caption id="attachment_354690" align="aligncenter" width="327" caption="Bagasi belakang"]
[/caption] Bagasi belakang cukup tinggi dan lapang, namun belum dicoba berapa ukuran galon air yang bisa muat didalamnya. Biasanya indikator air galon inilah yang mudah sekali secara kasat mata di lihat sehingga bisa membandingkan dengan kompetitor lain dari segi kapasitas bagasi. Rak ditas bagasi cukup baik karena bisa menyembunyikan pandangan ketika bagasi tertutup dan bisa dimanfaatkan misalnya sekedar untuk menaruh boneka kecil atau tissu namun jangan sampai menghalangi pandangan pengemudi. Biasanya bisa juga dijadikan tempat menyimpan payung kecil sehingga sangat bermanfaat terutama saat musim hujan. [caption id="attachment_354691" align="aligncenter" width="280" caption="kabin depan"]
[/caption] Kabin depan cukup nyaman dan lapang untuk ukuran City Car. Beberapa kompartemen memang menjadi favorit karena bisa menempatkan banyak barang. Untuk USB port memang agak tersembunyi dibalik laci penumpang depan, manfaatnya agar gadget yang sedang di isi ulang baterainya juga bisa terlindungi dari sinar matahari atau pantauan maling. Kejahatan selalu datang saat ada kesempatan. [caption id="attachment_354692" align="aligncenter" width="280" caption="kabin belakang dengan legroom yang lapang"]
[/caption]
City Car tidak selalu diidentikkan dengan kesempitan, legroom masih cukup lega meskipun kursi depan sudah di mundurkan. Jika kursi depan dimajukan lagi maka akan menghasilkan ruang yang lebih lapang lagi. Head room juga cukup lega untuk ukuran orang-orang Indonesia.
[caption id="attachment_354693" align="aligncenter" width="280" caption="pintu penumpang"]
[/caption] Sayangnya untuk kompartemen belakang masih belum tersedia namun sudah ada tempat minum yang bisa diletakkan di belakang tuas transmisi dan tuas rem tangan. Mungkin kompartemen disisi pintu belakang sengaja tidak ada demi ruang speaker dan ruang gerak kaki bagi penumpang di belakang. Penumpang belakang masih tetap bisa memanfaatkan kantong di belakang kursi depan yang bisa digunakan untuk menyimpan mukena, sajadah atau koran. [caption id="attachment_354694" align="aligncenter" width="467" caption="Handle Pintu"]
[/caption]
Lihat Otomotif Selengkapnya