Mohon tunggu...
Fifi Nuraeni
Fifi Nuraeni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang pendidik di salah satu sekolah swasta di CIkarang, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Saya mengajar mapel Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Best Practise PPG Daljab Kategori 2 dengan Menggunakan Metode STAR

11 Desember 2022   18:57 Diperbarui: 11 Desember 2022   19:04 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice )  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

  • Kemampuan peserta didik menyelesaikan proyek masih kurang

    • Sebagai motivasi bagi diri saya sendiri utamanya dan guru lain untuk mendesain/membuat suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif

      • Persiapan dan mengkondisikan kelas yang secara khusus untuk kelas XII Ak

        • Metode maupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kurang tepat

          • Dosen Bu Diana Teen Infahmi dan Guru Pamong Bu Anita

            • LANGKAH, SOLUSI, STRATEGI, SUMBER DAYA yang dilakukan dan diperlukan :







Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penerapan model Project Base Learning (PjBL) yaitu peserta didik belajar secara aktif membuat suatu proyek yang kompleks dalam dalam situasi yang realistik dan mudah mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan karena pada saat pembelajaran pesera didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang mendorong mereka untuk berpatisipasi secara aktif. Secara garis besar dampak yang terlihat dari penggunaan media Asembler berbasis AR, menggunakan ice breaking "Dreamer" dan aplikasi spint the well sangat berpengaruh pada keaktifan peserta didik dimana mereka antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Dan proyek yang dikerjakan merupakan proyek yang kontekstual yang ada di lingkungan sekolah atau rumah atau sekitar peserta didik sehingga peserta didik memahami manfaat/kegunaan materi yang mareka pelajari yaitu peserta didik memahami dan mengetahui penyusutan aset yang mereka miliki.

Dengan melihat tanggapan/respon yang positif dari peserta didik dimana peserta didik merasa pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dan memberikan pengalaman serta pengetahuan yang membantu mereka untuk menyelesaikan suatu proyek di kemudian hari dan dikerjakan dengan baik maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktik pembelajaran efektif untuk pembuatan projek dalam pembelajaran materi penyusutan aset tetap.

Terkait dengan praktik pembelajaran yang telah dilakukan respon teman sejawat dan kepala sekolah mendukung dan berharap agar pembelajaran perlu dikembangkan dan dilakukan secara konsisten.

Faktor keberhasilan dari pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memahami dan menerapkan model tersebut dalam pembelajaran, cara guru mengelola kelas, pemilihan media pembelajaran, serta kesesuaian pemilihan model pembelajaran dengan karakteristik materi maupun peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun