Mohon tunggu...
Fifi Novianty
Fifi Novianty Mohon Tunggu... Model - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

https://scholar.google.co.id/citations?user=3-d976cAAAAJ&hl=id

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Penerapan Komunikasi Pembangunan Agama di Era Society 5.0

27 Maret 2020   13:24 Diperbarui: 27 Maret 2020   13:38 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia adalah negara pluralisme dengan memiliki keragaman agama seperti agama Islam, Kristen, Budha dan Kong Hu Chu. Tingkat pertumbuhan masyarakatpun sangat berkembang pesat baik dibidang pembangunan, pertanian maupun industrialisasi.

Komunikasi pembangunan agama di era society 5.0 nampaknya sangat penting untuk diterapkan di negara Indonesia saat ini. Era society 5.0 yang menitikberatkan pada kepiawaian manusia sebagai komponen utama dan didukung oleh kecanggihan teknologi modern.

Tentunya konsep 5.0 sangat tepat dalam penerapan dan pengembangan komunikasi pembangunan agama yang mana membutuhkan SDM (sumber daya manusia) yang berkompeten dibidangnya dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Komunikasi pembangunan sendiri dilakukan untuk mengkomunikasikan dalam sebuah proses pembangunan suatu negara untuk mengarah pada sebuah kemajuan baik pembangunan dibidang infrastruktur dan pembangunan dibidang industrialisasi.

Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam proses pembangunan disuatu negara, termasuk Indonesia yang memiliki banyak sekali kota dengan berbagai potensi dan problematika yang ada. Tentu, dalam komunikasi pembangunan agama harus memiliki strategi khusus untuk memaksimalkan proses komunikasi pembangunan tersebut.

Keberhasilan sebuah pembangunan di suatu negara dilihat dari proses komunikasi yang baik. Jika tidak ada komunikasi dalam proses pembangunan  maka tidak akan berjalan dengan lancar dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Komunikasi pembangunan di Indonesia memiliki tujuan inti yaitu untuk membangun manusia itu sendiri secara utuh dan pembangunan masyarakat Indonesia itu sendiri yang harus bersifat pragmatik yaitu suatu pola yang membangkitkan inovasi pada masa kini yakni era informasi. Menuju sebuah perubahan yang dampaknya bersifat positif dan dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Strategi komunikasi pembangunan agama adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan dalam proses komunikasi pembangunan agama. Strategi komunikasi pembangunan agama yakni:

1.) Melihat Sasaran. Kita harus melihat terlebih dahulu siapa sasaran yang ingin kita tuju, dalam pendekatan sasaran strategi komunikasi pembangunan agama juga bisa menggunakan tiga pendekatan yakni:

a.) pendekatan media massa yang berbasis agama,

b.) pendekatan kelompok agama, dan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun