Pertama kali mendengar Bank Ganesha, saya langsung teringat dengan Dewa Ganesha yang dipercaya sebagai dewa pengetahuan dan kecerdasan, dewa pelindung serta dewa kebijaksanaan. Terlepas dari ada kaitannya atau tidak, yang jelas saya berharap dari nama Ganesha ini dapat menjadi doa dan harapan bagi bank Ganesha untuk dapat mempersembahkan pelayanan perbankan yang terbaik untuk para nasabahnya.
Bank Ganesha mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992 dan hanya dalam tempo tiga tahun langsung melejit menjadi Bank Devisa pada tahun 1995. Tentu ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi sebuah bank yang terbilang memiliki usia yang masih belia. Mengapa ? sebab di usia yang masih belia, bank Ganesha telah mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia untuk dapat melakukan usaha perbankan dalam kegiatan valuta asing. Pada posisi ini, Bank Ganesha dapat memberikan layanan yang berkaitan dengan mata uang asing, misalnya transfer ke luar negeri, transaksi ekspor impor, jual beli valuta asing serta jasa valuta asing lainnya. Semua layanan kegiatan valuta asing ini tidak dapat dilakukan oleh bank konvensional/ syariah lainnya yang non devisa. Tentu saja ini merupakan nilai plus bagi bank Ganesha dalam kiprahnya memberikan layanan perbankan yang lengkap dan menyeluruh kepada para nasabah.
Pada tahun 2017, bank Ganesha semakin mengepakkan sayapnya dengan membuka jaringan-jaringan baru melalui beberapa kantor cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Selain itu, bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama dan telah tersebar hampir di seluruh pelosok tanah air.
Dalam kiprahnya, Bank Ganesha memiliki visi dan nilai agar dapat menjadi bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui pelayanan prima. Visi dan nilai tersebut tertuang dalam beberapa point, yaitu :
- Best. Dimana bank Ganesha berusaha untuk unggul dan menjadi yang terbaik dalam bidangnya
- Growth. Bank Ganesha akan selalu meningkatkan kompetensi dan perbaikan untuk menciptakan inovasi yang berkesinambungan
- Teamwork. Bank Ganesha menghargai perbedaan antar tim dan memacu kinerja melalui kerjasama tim yang solid
- Goal. Bank Ganesha berorientasi pada tujuan bersama dan pencapaian target yang maksimal
Sesuai dengan visi dan nilainya untuk senantiasa menciptakan inovasi dan meningkatkan kompetensi dalam hal pelayanan prima, maka tak heran jika bank Ganesha menjalankan langkahnya dengan begitu banyak produk dan layanan bagi para nasabah. Core bisnis bank Ganesha meliputi beberapa bagian yaitu Simpanan, Layanan, Pinjaman dan E-Channel dimana masing-masing bagian tersebut memiliki produk-produk perbankan, yaitu :
- Simpanan : Tabungan Ganesha, Tabungan Ganesha Optima, Tabungan Ganesha Investasi, Deposito Ganesha, Giro Ganesha dan Giro Aktif Ganesha
- Layanan : Safe Deposit Box, Layanan Expor Impor, Pengiriman Mata Uang Asing dan Pembayaran Pajak
- Pinjaman : Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, Letter of Credit dan Bank Garansi
- E-Channel : G-Corporate
Sedangkan untuk core individu, bank Ganesha juga memiliki begitu banyak produk yang inovatif bagi para nasabah, yaitu :
- Simpanan : Tabungan Ganesha, Tabungan Ganesha Optima, Tabungan Ganesha Investasi, Tabungan Ganesha Dollar, Tabungan Ganesha Payroll, Tabungan Ganesha Pelajar, Tabunganku, Tabungan Ganesha MapClub, Tabungan Ganesha SavingPlus dan Deposito Ganesha
- Layanan : ATM Ganesha, E-Statement Ganesha, Safe Deposit Box, Pengiriman Mata Uang Asing, Pembayaran Tagihan Telepon, Pembayaran Tagihan Listrik dan Pembayaran Pajak
- Pinjaman : Kredit Penghasilan Tetap, Kredit Pemilikan Mobil dan Kredit Pemilikan Rumah
- E-Channel : BANGGA, G-Online dan G-Money
- Kartu Kredit : Kartu Kredit Platinum dan Kartu Kredit Gold
- Bancassurance : Pro Whole Life dan Flexi Safe Link
Saat ini bank Ganesha sedang melakukan rangkaian promo layanan perbankannya melalui aktifitas-aktifitas cerdas dan inovatif, diantaranya promo BANGGA bertransaksi dan BANGGA berhadiah, Bank Ganesha 26th, Member Get Member, Ayo ke Bank dan tentu saja event bekerjasama dengan kompasiana yaitu Bank Ganesha Blog Competition yang dimulai tanggal 26 April sampai dengan tanggal 27 Mei 2018. Menarik bukan ?
Khusus untuk produk layanan BANGGA, bank Ganesha memahami benar bahwa saat ini kita tengah menghadapi era millenial yang ditandai dengan layanan yang serba digital. Layanan perbankan digital merupakan salah satu langkah inovasi yang dilakukan oleh bank Ganesha melalui BANGGA, yaitu aplikasi mobile untuk mengelola kehidupan keuangan berkualitas dengan menyediakan berita finansial dan gaya hidup, promosi, games, akses untuk donasi dan online banking Bank Ganesha (G-Online).
Untuk menggunakan aplikasi BANGGA, para nasabah tinggal dapat mendownload melalui dua versi yaitu android dan iOS, bergantung pada gawai yang digunakan dengan mengikuti langkah-langkah mendownload melalui Google Play atau App Store. Mudah bukan ?
Pada aplikasi BANGGA, para nasabah akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang menarik, yaitu :
- Berita : Berisi update informasi dan berita
- Promosi : Kita dapat cek promosi atau redeem voucher promo dari merchant yang bergabung dengan BANGGA
- Donasi : Fitur membantu orang lain dengan menyisihkan uang untuk berdonasi
- Everyday Banking (G-Online) : berisi berbagai kemudahan transaksi perbankan
- Fast Balance : Cek saldo dengan cepat hanya sekali tap tanpa login lagi
- Fingerprint Login : inovasi canggih dengan login begitu mudah. Cukup tap fingerprint maka sudah dapat login dan bertransaksi finansial