Mohon tunggu...
Fifin Nurdiyana
Fifin Nurdiyana Mohon Tunggu... Administrasi - PNS

PNS, Social Worker, Blogger and also a Mom

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Apapun Warna Kulitmu, Teruslah Merawatnya

3 April 2018   14:29 Diperbarui: 3 April 2018   14:43 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (sumber: nova.grid.id/worldwoman)

Tidak terlalu penting apa warna kulit seorang perempuan. Mau hitam, cokelat, putih, kuning, semuanya tetap indah. Syaratnya hanya satu, sehat dan bersinar ! jadi, tak usah berkecil hati bagi para pemilik kulit selain putih, sebab saat ini cantik bukan milik mereka yang berkulit putih tapi milik mereka yang berkulit sehat dan bersinar.

Memiliki kulit sehat dan bersinar tentu bukan dengan menggunakan mantra simsalabim abrakadabra yang seketika bisa didapatkan. Ada proses dan ketekunan dalam melakukan perawatan sehingga kulit menjadi sehat dan bersinar. Pada jaman dahulu, para orangtua lebih menggunakan cara-cara perawatan tradisional untuk kulit yang sehat, namun sekarang masyarakat modern lebih memilih menggunakan perawatan yang modern dan praktis. 

Meskipun ada beberapa yang mengadopsi bahan-bahan tradisional dan herbal namun kemasan tetap dibuat modern dan praktis. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perawatan akan kulit di tengah arus kepadatan aktifitas masyarakat jaman sekarang. Jadi, meski sesibuk apapun, masyarakat tetap bisa merawat kulitnya dengan mudah.

Sebagai seorang pekerja kantoran dan juga lapangan, setiap hari saya harus berjibaku dengan mesin pendingin ruangan (ac), panas matahari langsung dan juga debu. Kondisi ini membuat kulit saya menjadi "stress" sehingga terlihat legam memerah (terbakar matahari), kering dan keriput (karena sering terpapar ac dan juga kusam akibat banyaknya debu yang menempel. Ditambah lagi faktor usia saya yang sudah memasuki 36 tahun dimana tingkat elastisitas kulit semakin menurun sehingga kulit menjadi kurang kenyal, kusam dan tidak cerah serta menua lebih cepat.

Menyadari hal ini saya tak mau berdiam diri. Di tengah kesibukan sehari-hari dari pagi sampai malam hari, saya selalu berusaha menyempatkan untuk "memanjakan" kulit saya. Meski tak punya banyak waktu untuk perawatan kulit di salon-salon treatment, bukan berarti saya tak bisa merawat kulit. Saya tetap melakukan perawatan kulit dengan cara saya yang menurut saya lebih simple namun memiliki efek yang nyata. Kulit saya sekarang jauh lebih sehat, cerah tidak kusam dan bersinar. Berikut tips ala saya merawat kulit :

  1. Perbanyak minum air mineral. Saya mungkin salah satu orang yang sangat percaya dengan khasiat air putih (mineral). Mengapa ? sebab air mineral adalah senyawa yang sangat ringan dan hampir tak memiliki peran dalam munculnya penyakit dalam tubuh. Dengan minum air mineral secara rutin setiap hari, kulit saya terasa lebih segar, lembab dan kenyal.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah. Sayuran dan buah memiliki kandungan vitamin dan gula yang alami sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit. Keduanya memiliki fungsi yang sangat penting dalam meregenerasi kulit serta menjaga tingkat elastisitas kulit.
  3. Hindari kontak langsung dengan panas matahari. Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari sangat berbahaya bagi kulit. Pada tingkat yang parah, dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Karena itulah, saya selalu berusaha untuk menghindari kontak secara langsung dengan panas matahari. Jika harus berada di lapangan maka saya melengkapi tubuh saya dengan jaket / baju lengan panjang, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu serta topi. Meski beberapa orang menilai berlebihan, tapi untuk kebaikan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, saya tidak terlalu mempedulikan penilaian mereka. Bagi saya, kesehatan kulit saya jauh lebih penting dari apa yang mereka perbincangkan.
  4. Hindari paparan ac secara terus-menerus. Paparan ac secara terus-menerus bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput, karena itu saya berusaha untuk meluangkan waktu untuk keluar ruangan (yang tidak ber ac) agar kulit dapat tetap terjaga keseimbangannya.
  5. Gunakan handbody untuk siang dan malam hari. Tidak dapat dimungkiri, penggunaan lotion (handbody) dalam aktifitas sehari-hari adalah kewajiban bagi saya. Selain untuk menjaga kelembaban kulit, juga untuk melindungi kulit dari paparan panas matahari dan ac. Selama ini saya mempercayakan handbody pada produk Nivea. Untuk siang hari saya menggunakan firming body serum dan malam hari firming body serum night.
  6. Bersihkan kulit muka dan wajah pada malam hari. Jangan malas membersihkan muka dan kulit selepas beraktifitas seharian ya ! setelah beraktifitas seharian, biasanya saya "membebaskan" kulit saya dari makeup / kecantikan lainnya. Saya biarkan kulit saya segar tanpa makeup berat. Membersihkan muka dan kulit badan sebelum istirahat malam ini sangat penting agar kulit diberi kesempatan untuk "bernafas" dan "beristirahat".
  7. Hindari paparan debu secara berlebihan. Debu juga dapat menjadi salah satu pemicu kerusakan pigmentasi kulit lo ! jadi jangan anggap remeh debu-debu jalanan. Kenakan pakaian yang bisa melindungi kita dari debu secara langsung. Dan saya juga menggunakan masker selama berada di jalanan.
  8. Gunakan makeup / alat kecantikan yang sederhana dan ramah kulit. Untuk aktifitas sehari-hari saya tak perlu menggunakan makeup berat secara berlebihan. Saya hanya menggunakan pelembab, bedak dan lipstik. Usahakan juga memilih makeup yang ramah kulit, tidak mengandung merkuri dan zat-zat berbahaya lainnya.
  9. Konsumsi vitamin kulit. Vitamin kulit ini sifatnya untuk membantu meremajakan kulit dari dalam. Jadi, merawat kulit bukan hanya dari luar saja ya tapi juga dari dalam tubuh. Konsumsi vitamin kulit secara teratur dapat mencegah penuaan dini serta menjadikan kulit menjadi lebih sehat, cerah alami, tidak kusam dan lebih bersinar tentunya.
  10. Hindari stress. Secara psikologis, kondisi psikis yang stress dapat mempengaruhi kesehatan kulit juga. Jadi, coba hindari stress dengan berdamai dengan persoalan hidup yang menerpa. Luangkan waktu untuk meraih kebahagiaan, dengan piknik atau tekun beribadah misalnya. Jangan biarkan stress melingkupi hidup kita.

Nah, bagaimana ? masih mengabaikan kesehatan dan kecantikan kulit kita ? ingat ya, kulit yang sehat dan bersinar dapat menggambarkan identitas seseorang loh. Mana mereka yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan diri sendiri dan mana mereka yang acuh tak acuh. Jangan sampai kita termasuk di kategori kedua ya, yang apatis dan tidak peduli dengan merawat kulit.

Sekali lagi, kecantikan kulit bukan tentang apa warna kulit kita, tapi tentang bagaimana kepedulian kita dalam merawat kulit sehingga tercipta kulit yang sehat, mulus, cerah dan bersinar. Jadi, apapun warna kulitmu, teruslah merawatnya ya !

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun