Mohon tunggu...
Fifin Nurdiyana
Fifin Nurdiyana Mohon Tunggu... Administrasi - PNS

PNS, Social Worker, Blogger and also a Mom

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berani Berbeda Harus Berani Tampil

17 November 2017   23:24 Diperbarui: 18 November 2017   00:12 1579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ketika menjadi pembicara pun saya selalu ditemani Kayu Putih Aroma karena mampu menghangatkan dan aromatherapynya memberi efek menenangkan (sumber:dokpri)

Pada dasarnya setiap manusia terlahir dengan keunikannya masing-masing. Mereka memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain, baik secara fisik, karakter maupun bakatnya sehingga siapapun berkesempatan untuk meraih kesuksesan dan keberhasilannya masing-masing. Tinggal bagaimana manusia mampu menemukan dan mengasah ciri khasnya menjadi sesuatu yang manfaat atau prestasi.

Bagi saya, menjadi berbeda adalah ketika seorang perempuan mampu tampil sebagai dirinya sendiri dan berani menunjukkan kebisaannya di hadapan khalayak untuk tujuan yang positif. Ketika perempuan berani tampil di depan, menyuarakan serta membagikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan gayanya sendiri, maka saya bilang "GueBeda"

Kebanyakan perempuan enggan untuk tampil di depan dan lebih memilih berkarya di belakang layar. Maka realitanya, pada beberapa sendi kehidupan perempuan masih tidak banyak terlibat, terutama pada urusan politik dan kepemerintahan. Padahal, perempuan memiliki jatah kursi sebesar 30% di ranah politik negeri, namun itu belum menjadikan kaum perempuan berminat untuk menekuni jalur terdepan. Perempuan masih merasa malu, merasa tidak percaya diri, kurang menguasai materi, dsb, sehingga itu menjadi kendala bagi mereka untuk berkarya di depan layar.

Oleh karena itu, saya sangat appreciateketika ada perempuan yang mampu dan berani berbicara atau tampil di depan dengan penuh percaya diri. Saya belajar dari kekaguman tersebut, saya harus bisa menjadi perempuan yang berbeda.

Kayu Putih Aroma adalah andalan saya di segala aktifitas (sumber:dokpri)
Kayu Putih Aroma adalah andalan saya di segala aktifitas (sumber:dokpri)
Awalnya saya berpikir "apakah saya mampu ?" namun keinginan untuk maju dan tampil berbeda memaksa saya harus berani. Dan ketika tawaran untuk menjadi pembicara, master of ceremony, moderator ataupun menyanyi berdatangan, saya pun menerimanya dengan penuh semangat. Saya akan terus belajar dan menambah jam terbang agar lebih professional.

Pertama kali tampil di depan, saya sangat gugup. Orang bilang, demam panggung. Wajah saya pucat serta beberapa bagian tubuh dingin seperti membeku ditambah lagi terpapar ac ruangan yang kencang. Bukan hanya itu, tangan saya juga gemetar dan bibir terasa kelu serta perut terasa mulas. Akibatnya, saya tidak dapat berkonsentrasi penuh dengan tugas yang sedang saya emban. Bahkan, pernah, saya sempat lupa lirik lagu saat didapuk menyanyi di panggung terbuka.

saya berani berbeda maka saya harus berani tampil (sumber:dokpri)
saya berani berbeda maka saya harus berani tampil (sumber:dokpri)
Jika demikian, saya merasa harus instropeksi diri, tapi bukan putus asa. Saya telaah setiap penampilan saya, terus belajar dan berlatih. Saya harus membiasakan diri untuk terbuka menerima saran dan kritik dari siapapun yang melihat saya tampil, agar saya dapat mengukur setiap penampilan saya di depan.

Nah, sekarang saya sudah tidak sepanik dulu ketika harus tampil di depan. Selain saya sudah terbiasa dan terus belajar dan berlatih, saya juga sudah punya sahabat sejati di setiap aktifitas saya, yaitu KayuPutihAroma. Saya memilih yang aroma lavender, karena wanginya lembut dan memberi efek menenangkan.

KayuPutihAroma ini tak pernah lupa saya bawa, bahkan saat saya tampil menjadi pembicara, master of ceremony maupun moderator. Kehangatan dan aroma terapinya benar-benar mampu mengusir panik dan menghilangkan demam panggung. Meski banyak terpapar dinginnya ac di ruangan, namun badan saya tetap terasa hangat setelah dioleskan KayuPutihAroma. Hasilnya, tentu saja saya merasa lebih rileks dan tenang dalam setiap penampilan sehingga membantu memperlancar semuanya.

saya tampil untuk menyuarakan hal-hal positif dan berbagi ilmu kepada orang lain (sumber:dokpri)
saya tampil untuk menyuarakan hal-hal positif dan berbagi ilmu kepada orang lain (sumber:dokpri)
Menjadi pribadi yang berbeda memang membutuhkan keberanian dan konsistensi. Selain itu juga harus diperhatikan tujuan dan manfaatnya baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jangan sampai konsep berbeda tersebut menjadi bumerang merugikan bagi diri kita sendiri. Maunya tampil beda tapi justru terlihat aneh dan tidak sewajarnya.

Tapi itu semua tidak akan terjadi jika kita memiliki konsep berbeda yang jelas disertai dengan kemampuan yang mumpuni. Seperti halnya KayuPutihAroma yang tampil beda dari minyak kayu putih biasa lainnya. Minyak kayu putih biasa beraroma minyak kayu putih yang sangat kuat, namun tidak dengan KayuPutihAroma, ada pilihan wangi lavender dan rose yang segar, lembut dan tidak menyengat. Karena itulah, saya tidak segan menggunakan KayuPutihAroma ini di segala suasana, termasuk ketika saya sedang tampil di depan, karena selain menghangatkan juga memberi efek menenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun