Mohon tunggu...
Fifi Helya Putri
Fifi Helya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahsiswa

Saya adalah seseorang dengan berkepribadian ceria, hobi saya akhir akhir ini adalah menyanyi, saya juga seorang mahasiswa sastra inggris di universitas negeri Padang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjadi Entrepreneur Tanpa Merugikan Pedagang Kecil

5 September 2024   15:51 Diperbarui: 5 September 2024   16:06 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai mahasiswa yang ingin belajar menjadi entrepreneur, saya sadar pentingnya menjalankan usaha dengan cara yang baik dan tidak merusak ekonomi. Saya tidak ingin menjadi pengusaha yang hanya mencari untung dengan meniru dagangan pedagang kaki lima. Mereka punya peran penting dalam ekonomi lokal, dan menyaingi mereka bisa membuat mereka kesulitan.

Pedagang kaki lima sering menjadi andalan banyak orang karena mereka menjual barang dengan harga terjangkau. Jika saya meniru dagangan mereka, itu sama saja dengan mengambil kesempatan mereka untuk bertahan. Sebagai pengusaha, saya ingin mencari ide usaha yang berbeda, yang tidak merugikan orang lain tetapi tetap bermanfaat bagi masyarakat.

Saya percaya, untuk sukses, seorang pengusaha harus bisa menciptakan hal baru. Daripada meniru usaha yang sudah ada, saya lebih baik mencari cara untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi. Dengan begitu, saya bisa membantu ekonomi tanpa merugikan pedagang kecil.

Saya juga ingin bekerja sama dengan pedagang kaki lima, bukan menjadi saingan mereka. Saya yakin, kalau kita saling mendukung, semua bisa maju bersama tanpa ada yang dirugikan.

Akhirnya, saya berharap bisa menjadi pengusaha yang tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga peduli dengan kesejahteraan orang lain. Dengan begitu, saya bisa membantu ekonomi berkembang tanpa menyakiti usaha kecil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun