Mohon tunggu...
Fidia Wati
Fidia Wati Mohon Tunggu... wiraswasta -

Cerita khas emak emak http://omahfidia.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ketika Kami Lebih Mengenal Artis Korea Daripada Letkol. Moch. Sroedji

1 Maret 2015   16:14 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:19 718
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14251937451249357151

"Ping"

"cobain kamu ikutan lomba nulis opini" kata temenku

"eh, apa bisa gue? tanyaku nggak pede.

"Tulisanmu punya kekhasan, ayolah tulis saja apa yang ada di benakmu. At least kamu sudah mencoba. Perkara menang dan kalah urusan belakangan."

Hmmm benar juga, apa salahnya mencoba. Kenapa aku selalu di balut rasa minder. Akhirnya bismillah ku tulis juga.

Sejujurnya tulisan ini adalah bentuk kenekatan saya menulis sebuah opini tentang seorang tokoh Pahlawan lokal,L etkol Moch.Sroedji. Biasanya tulisan saya sebatas curhatan yang bernada mellow atau sekedar uneg-uneg dalam diri yang sengaja di keluarkan supaya nantinya tidak menjadi bisul.
I have no idea, ketika seorang teman membujuk saya untuk menulis dengan tema Letkol. Moch. Sroedji. Siapakah beliau? meskipun saya asli orang Jember. Saya tidak tahu sama sekali. Saya mencoba mengingat-ingat pelajaran sejarah, dan cerita cerita dari almarhum Abah sebelum saya tidur. Sayangnya tak ada satupun file tentang beliau.

Satu satunya yang saya tahu, adalah Universitas Swasta yang memakai nama beliau. Yaitu Universitas Moch Sroedji yang disingkat MOSER Jember. Beruntungnya saya hidup di Zaman Modern, ketika keingintahuan menyeruak dan tak ada yang bisa memuaskan keingintahuan saya. Mbah Google memberikan semua yang saya mau. Sayangnya hanya sedikit sekali tulisan tentang beliau.

[caption id="attachment_400294" align="aligncenter" width="276" caption="sumber.www.sma1jember.info"][/caption]

Oalah, saya baru tahu ternyata patung di depan kantor Pemkab Jember adalah patung beliau. Selain itu ada pula patung dua orang yang berangkulan dikawasan Kaliwates dimana salah satunya adalah beliau bersama dengan Dr. Soebandi. Tapi entah patung yang mana. Padahal kami sering lewat disitu. Tapi entah kenapa tak ada sekalipun saya punya pikiran untuk mencari tahu. Lewat hanya sebatas lewat saja, melihat hanya sebatas melihat saja. Semua hanya sebatas mengagumi keindahan patung tersebut, tanpa rasa ingin tahu cerita dibalik patung tersebut.

Kemudian saya bertanya kepada Putri saya yang duduk di bangku kelas 5 SD, apakah gurunya pernah bercerita tentang Letkol Moch. Sroedji? Sungguh saya terkejut ketika anak saya malah balik mengajukan pertanyaan” emang di Jember ada Pahlawannya ma?” Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa jasa pejuangnya. Saya tercenung cukup lama. Suatu kemirisan dimana saya dan anakpun tidak tahu siapa itu Letkol Moch Sroedji. Andaikata kami disodorkan soal soal tentang siapa itu Letkol Moch. Sroedji. Lee Min Hoo, Shinee dan lain sebagainya. Yakin 100 persen, putriku akan menjawab dengan cepat berikut kesukaan mereka. Sedangkan jawaban untuk Letkol Moch Sroedji.

Jawabannya tinggal di copy paste dari Google yang bisa langsung di tulis atau tinggal print saja. Syukur – syukur dibaca, kebanyakan nggak. Terkecuali bila ada ulangan IPS terpaksa dia menghafalkan supaya nilainya tidak jeblok dan selebihnya tinggal menunggu waktu hafalan tersebut akhirnya lenyap tergantikan dengan lagu Boy In Luv yang dinyanyikan oleh Boyband BTS asal Korea sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun