Champion adalah tagline Sekolah Tarsisius 1. Champion terajut dari tiga (3) unsur, yakni CHAracter, coMmunication dan comPetION. Ketiga hal ini diyakini sebagai landasan kuat bagi tarsisian untuk menjadi pemenang atau champion. Untuk itu, pembelajaran dan proses pendidikan dirancang dan dijalankan seturut semangat itu. Demikian pun berbagai event diselenggarakan sesuai cita-cita yang dimaksud, yakni untuk membina karakter, menumbuhkan skill komunikasi dan semangat kompetisi. beberapa di antaranya adalah Character Building dan Belajar Luar Kelas. Â
Dua event ini, Character Building dan Belajar Luar Kelas, sukses diselenggarakan baru-baru ini. Dua program ini sebenarnya adalah dua kegiatan yang berbeda. Namun, untuk efektivitas waktu, tenaga dan biaya, keduanya digabungkan menjadi satu event. Dalam pelaksanaannya tetap dibedakan baik dari segi tempat, waktu dan kegiatannya.
Pertama: Character Building (CB). Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 18 April 2024 bertempat di Kinasih Resort & Conference, Caringin, Sukabumi, Jawa barat. Peserta didik mulai berangkat dari sekolah Pukul 07.00 dan tiba di Kinasih Pukul 09.00. Sesudah melalukan check in, pada pukul 10.00 peserta didik mengikuti pembukaan acara antara lain penyerahan secara resmi pesesrta didik kepada tim CB, perkenalan, pembentukan kelompok, pembuatan yel-yel serta beberapa aktivitas sebagai pemanasan / ice breaking. Pada sesi ini, peserta didik diarahkan untuk mengenal anggota kelompoknya dan membangun semangat dan kekompakan dalam timnya lewat pemansan dan yelyel.Â
Setelah makan siang, pada pukul 13.30, peserta didik kembali melanjutkan aktivitas competition games yang secara umum bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kerjasama, komunikasi, ketangkasan, disiplin, ketelitian, kekompakan, kecepatan, kesabaran, strategi, dan lain-lain. Beberapa di antaranya adalah voli air, magic ball, cacing run, menjaga lilin, back ball, tebak kalimat lewat gerakan/isyarat, sepak bola imajiner, dan beberapa games lainnya. Sesi ini diakhiri lebih awal karena cuaca yang tidak mendukung yakni hujan dan petir. Para peserta didik kemudian melakukan kegiatan mandiri seperti mandi dan istirahat selama kurang lebih satu jam.
Pada sesi sore hari, pukul 17.30 -- 19.00 peserta dikumpulkan di Aula Kinasih untuk mengikuti kegiatan rohani. Setelah berkegiatan dan mengikuti proses dari pagi hingga sore, kini saatnya mereka meresapi pengalamannya masing-masing dalam keheningan dan doa. Peserta diajak melihat kembali seluruh aktivitas yang sudah dilalui dan menemukan makna dibalik peristiwa itu atau menemukan berkat atau cara kerja Tuhan dibalik semuanya. Permenungan ini diarahkan untuk mengkitkan rasa Syukur peserta atas berkat Tuhan. Sesi permenungan atau refleksi ini berlangsung selama 15 menit disertai pendalaman oleh pendamping. Selanjutnya peserta menyiapkan acara performance dalam kelompok masing-masing untuk ditampilkan setelah makan malam. Sesi sore hari dan malam hari dihandle oleh bapak/ibu guru pendamping sendiri.
Pada sesi malam setelah makan, setiap kelompok menampilkan acara performance-nya masing-masing. Beberapa acara yang ditampilkan adalah drama, menyanyi, pantun berbalas, dan menari. Setiap kelompok mampu menampilkan gagasannya dalam penampilan-penampilan yang menghibur. Selanjutnya diikuti kegiatan "membangun Menara Champion" dari korek api. Permainan ini bertujuan meningkatkan Kerjasama, komunikasi, kreatif, inovastif, kesabaran, dan kehati-hatian. Seluruh hari ditutup dengan kegiatan mengisi refleksi pada LKS serta doa penutup.
Kedua: Belajar di Luar Kelas (BLK). Pada hari kedua, Jum'at, 19 April 2024 peserta didik melanjutkan kegiatan Belajar di Luar Kelas di PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), Sukabumi, Jawa Barat. Rombongan berangkat dari Kinasih pada Pukul 08.00 dan tiba di Pocari pada pukul 08.30. Acara diawali dengan penyambutan dan perkenalan oleh tim pocari serta dilanjutkan dengan foto bersama di depan kantor dan pabrik Pocari. Setelah sesi penyambutan, peserta didik diarahkan ke Hall utama Pocari untuk mengetahui lebih dalam tentang profil PT. Amerta Indah Otsuka, produk-produk yang dihasilkan serta proses produksi dan distribusinya. Pembelajaran ini bercorak interaktif dengan memanfaatkan teknologi digital. Selain diajak menyimak materi presentasi dalam PPT, peserta didik juga disuguhi video profil Perusahaan, produk dan proses produksi dan distribusi. Menariknya pembelajaran ini dipadukan dengan game atau kuis interaktif yang tidak membosankan. Pada akhir sesi ini, peserta didik diajak untuk melihat pemandangan indah gunung Salah dari balik kaca Hall pocari.