Fida Wahyu Septian, Khesya Sheptiani, Sausan Alifa Syadzwina, Nadya Carolina, Hanna Albinia Imtinan ,Gina Mutiara Yasmin
Akuntansi Program Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
NIM: 2210112119; 2210112123; 2210112126; 2210112146; 2210112154; 2210112156
Email:2210112119@mahasiswa.upnvj.ac.id;2210112126@mahasiswa.upnvj.ac.id;2210112119@mahasiswa.upnvj.ac.id;2210112146@mahasiswa.upnvj.ac.id;2210112154@mahasiswa.upnvj.ac.id;2210112154@mahasiswa.upnvj.ac.id
Abstrak
Kemajuan teknologi saat ini mendukung adanya pengaruh untuk berperilaku konsumtif yang disebabkan melalui pengaruh dari konten yang ada di sosial media. Sosial media merupakan tempat dimana siapapun dapat berinteraksi secara online untuk semua kalangan masyarakat. Dengan mudahnya berinteraksi secara online inilah yang dapat membuat perilaku konsumtif dapat meningkat melalui pengaruh dari konten yang ada di sosial media.Â
Anak - anak cenderung menghabiskan uang sakunya dibandingkan menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung, hal ini dikarenakan perilaku anak-anak yang secara emosional memilih untuk memuaskan keinginannya tanpa menyadari pentingnya membiasakan diri untuk menabung. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa kelas 4 SD Negeri 01 Pangkalan Jati mengenai pentingnya kesadaran untuk menabung melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM). Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode edukasi secara langsung melalui penyampaian materi, tanya jawab, games edukatif, serta indikator penilaian menggunakan kuisioner kepada para siswa kelas 4 SD Negeri 01 Pangkalan Jati.
Kata Kunci: Konsumtif, Menabung, Sosial media
Pendahuluan
Mengelola keuangan dengan cara menabung merupakan hal dasar yang perlu diterapkan dan dibiasakan sejak dini. Kemajuan teknologi mendukung adanya pengaruh untuk berperilaku konsumtif. Salah satu kemajuan teknologi pada saat ini yaitu sosial media. Sosial media merupakan tempat dimana siapapun dapat berinteraksi secara online untuk semua kalangan masyarakat. Dengan mudahnya berinteraksi secara online inilah yang dapat membuat perilaku konsumtif dapat meningkat melalui pengaruh dari konten yang ada di sosial media (Maulana dkk,2020).Â