Mohon tunggu...
Fidaul Qonita
Fidaul Qonita Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

KNN 95 UMM Mengadakan Penyuluhan Marketing untuk UMKM Kesamben Lebih Baik

3 Agustus 2018   12:53 Diperbarui: 3 Agustus 2018   12:54 605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai sahabat baca, kelompok Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) 95 Unvinersitas Muhammadiyah Malang, kembali menggelar salah satu program kerja. Program kerja kali ini, adalah program kerja milik divisi Sosial Budaya dan Kewirausahaan berupa  Pengembangan UMKM Melalui Strategi Marketing.  

Pogram kerja Penyuluhan Perkembangan UMKM melalui Startegi Marketing ini, merupakan ide dari divisi Sosial Budaya dan Kewirausahaan  Kuliah Kerja Nyata kelompok  95 Universitas Muhammadiyah Malang. Divisi Sosial Budaya dan Kewirausahaan ini, beranggotakan. Inna Insaana Kamilah jurusan Agribisnis, Afiq Faris Hamdani jurusan Manajemen, Bigi Dione Alsantara jurusan Ilmu Hukum, Rizki Khulafaur Rasyidin jurusan Sosiologi, Fajrin Rizki Okvinda jurusan Ekonomi Pembangunan, Givanti Aldilah jurusan Akuntansi, Hendiva Islami Sukresno jurusan Hubungan Internasional, dan Rizka Amalia Prastiwi jurusan Managemen. Kegiatan penyuluhan tentang Perkembangan UMKM Melalui Strategi Marketing di gelar di balai desa Kesamben Kec. Ngajum Kabupaten Malang.

Kegiatan ini, di laksanakan  oleh anak divisi Sosial Budaya dan Kewirausahaan  dan dibantu anggota KKN 95 lainnya. Kegiatan ini menargetkan kepada warga desa kesamben yang mempunyai usaha baik itu usaha yng sudah mapan maupun warga yang akan membuka usaha kecil-kecilan.

Menurut Bapak Eka Kadharpa  Utama. D., SE.,MM selaku pengisi materi Ada banyak cara mengembangkan sayap UMKM di Indonesia salah satunya metode 5P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, dan People. 1. Product Dari segi produk, UMKM harus menentukan produk yang tepat untuk dipasarkan. 2. Price Untuk menentukan harga jual produk, Anda harus teliti menghitung biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. 3. Place Lokasi UMKM tentu sangat menentukan minat pasar. Dengan memilih lokasi yang strategis dan ideal, UMKM Anda akan cepat dikenal publik dan bukan tak mungkin produk akan laris terjual. 4. Promotion Beberapa UMKM sudah menerapkan promosi melalui media sosial dan ini adalah langkah awal yang bagus. Pasalnya, saat ini media sosial menjadi salah satu bahan promosi yang murah, mudah dan cepat.  5. People Ketika Anda membuka UMKM, pastikan Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam usaha Anda adalah orang-orang yang mengerti bisnis.

Acara yang di selenggarakan berjalan dengan lancar warga yang memeliki UMKM maupun yang baru memulai sangat antusias menanyakan staregi yang tepat untuk usaha mereka. Setelah materi dan sesi tanya jawab terlaksana di lanjutkan dengan sesi foto bersama dengan warga dan anggota KKN 95 untuk dokumentasi dan kenang- kengan.

foto bersama divisi SOSBUD dan KWU/dokpri
foto bersama divisi SOSBUD dan KWU/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun