Mohon tunggu...
Fia afifaturrohmah
Fia afifaturrohmah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Saya mahasiswi IAIN PONOROGO saya sekarang semester 2 di jurusan PGMI

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Guru dalam Menangani Kesulitan Belajar

26 November 2024   22:22 Diperbarui: 26 November 2024   22:49 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Guru dalam Menangani Kesulitan Belajar

Kesulitan belajar adalah masalah yang umum ditemukan di dunia pendidikan. Kesulitan ini mencakup berbagai hambatan yang menghalangi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Tantangan tersebut bisa berupa kendala kognitif, emosional, fisik, atau sosial. Peran guru sebagai pendidik menjadi sangat penting dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Guru tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga membimbing dan mendukung siswa agar mereka dapat belajar dengan baik, terlepas dari hambatan yang mereka hadapi.

Mengidentifikasi Sumber Kesulitan Belajar

Langkah awal yang harus dilakukan guru adalah memahami penyebab utama kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan ini dapat muncul dari berbagai aspek, seperti:

1. Faktor Internal: Kurangnya motivasi, gangguan konsentrasi, kesulitan memahami konsep, atau adanya gangguan kesehatan seperti disleksia dan ADHD.

2. Faktor Eksternal: Lingkungan keluarga yang tidak mendukung, fasilitas belajar yang terbatas, atau metode pembelajaran yang kurang sesuai.

Guru harus menggunakan berbagai alat, seperti tes diagnostik, wawancara dengan siswa, dan pengamatan perilaku untuk mengenali sumber permasalahan.

Menerapkan Pembelajaran yang Inklusif

Dalam menangani kesulitan belajar, guru harus memastikan bahwa proses pembelajaran bersifat inklusif. Hal ini berarti guru harus menciptakan suasana kelas yang ramah bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Guru dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Menggunakan Pendekatan Diferensiasi: Menyesuaikan strategi pembelajaran berdasarkan kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar siswa.

2. Memberikan Pendampingan Tambahan: Siswa yang mengalami kesulitan belajar sering memerlukan waktu tambahan untuk memahami materi. Guru dapat memberikan bimbingan secara individu atau kelompok kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun