Mohon tunggu...
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜…
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜… Mohon Tunggu... Administrasi - Anti Scam Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐š๐ง๐š ๐€๐ฐ๐š๐ซ๐ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ "๐“๐ก๐ž ๐๐ž๐ฌ๐ญ ๐ˆ๐ง ๐’๐ฉ๐ž๐œ๐ข๐Ÿ๐ข๐œ ๐ˆ๐ง๐ญ๐ž๐ซ๐ž๐ฌ๐ญ" ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ Scam ๐—”๐—ฐ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜€๐˜/๐—ช๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ. ๐ˆ๐†: @๐Ÿ๐ž๐ฒ๐๐จ๐ฐ๐ง๐ฐ๐ฌ๐œ_๐จ๐Ÿ๐Ÿ๐ข๐œ๐ข๐š๐ฅ ๐‘ด๐’†๐’๐’†๐’•๐’‚๐’‘ ๐’…๐’Š ๐’Œ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ท๐’†๐’“๐’•๐’‰, ๐‘พ๐’†๐’”๐’•๐’†๐’“๐’ ๐‘จ๐’–๐’”๐’•๐’“๐’‚๐’๐’Š๐’‚ ๐„๐ฆ๐š๐ข๐ฅ : ๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฌ๐œ๐š๐ฆ@๐ ๐ฆ๐š๐ข๐ฅ.๐œ๐จ๐ฆ ๐…๐ ๐๐š๐ ๐ž : ๐–๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š ๐’๐œ๐š๐ฆ๐ฆ๐ž๐ซ ๐‚๐ข๐ง๐ญ๐š ๐Ÿ‘

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Debt Collector Kartu Kredit Memaki Ibuku

28 Oktober 2014   03:00 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:30 4263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peristiwa ini terjadi dua tahun lalu, ibuku yang sudah sepuh (78) dimakiย  maki debt collector hanyaย  karena adikku pakai alamat beliau untuk apply kartu kredit dan tagihannya macet. Beliau sampai ketakutan karena ngga tahu masalahnya tapi diancam barang barang yang ada di rumah mau disita. Diganggu siang malam dengan telpon ancaman.ย  Saya ngga tahu peraturanย  debt collectorย  kartu kredit sekarang ini, mungkin ada perubahan setelah kematian korban debt collector di salah satu bank ternama.

Sepanjang pengetahuan saya, mereka yang nawarinย  kartu kredit ย  manis2 banget tutur bahasanya, tapi kalau telat bayar dan macet, maka teror telpon akan datang bertubi-tubi. Isinya makian dan ancaman. Itulah yang di alami ibu saya yang sudah tua renta, yang tak pernah berhutang selama hidupnya apalagi kenalย  kartu kredit.

Ketika saya berlibur ke Indonesia tahun 2012 bersama suami, maka hal pertama yang kami lakukan adalah mengunjungi ibu tercinta. Sesampainya di sana , tiba2 ibu saya menangis dan ceritaย  beliau di teror oleh debt collectorย  hampir setiap hari. Lho koq bisa? Ternyata adik saya, A dan istrinya K pernah apply kartu kredit dan mereka menggunakan alamat ibu saya. Ya namanya seorang ibu, anak mau pinjam alamat masa ngga di kasih, hanya beliau waktu itu tak ngerti untuk apa.

Usia ibu saya saat itu 76 tahun,ย  di teror debt collectorย  ya jelas ketakutan dan gemetar. Padahalย  sudah dijelaskan kalau beliau tak tahu apa apa, tapi tetap aja mereka mengancam akan datang ke rumah ibu saya untuk mengambil barang2 yang ada. Memaki ibu saya yang bukan pemakai kartu kreditย  sungguh sangat tidak sopan. Sejak itu beliauย  takut angkat telpon, untung pembantu kami berani menjawab dengan galak, tapi tetap saja akhirnya mereka datang dan menggedor2 pintu rumah seolah ibu yang punya hutang.

Takย  terima ibu di perlakukan seperti itu, sayapun mengambil tindakan tapi dengan cara yang benar.ย  Pertama saya suruh adik adik saya bicara pada A dan K tentang debt collector yang mengganggu ibu. Adik2 yang lain emosi ibu kami di bentak bentak, maka mereka pun jadi emosi kepadaย  A dan K , jadilah "perang saudara".

Sebagai anak sulung saya pun turun tangan dan bicara baik baik pada A dan K. Saya berusaha mendengarkan dulu uneg unegย  mereka dan kenapaย  tak membayar tagihan. Mungkin mereka juga bingung ternyata tagihannya sangat besar, ya pastilah bungaย  kartu kredit kan beranak, bercucu dan bercicit. ย  Lalu saya ceritakanย  gimana ibu kami ketakutan dsb. Dengan tegas tapi halus saya bilang, jika urusan ini tak segera diselesaikan, maka jangan salahkan kakakmu ini yang akan menulis email, telpon atau datang ke kedutaan tempat adikku A bekerja.ย  Saya tak peduli kalian mau punya kartu kredit 1000 tapi jangan pernah lagi pakai alamat ibuย  kita. Akhirnya mereka mengerti.

Dengan di dampingi pengacara, maka diadakan pertemuan di rumahย  ibu kami. Disana berkumpul debt Collector , A dan K , saya waktu itu sudah kembali ke Australia. Si penagih yangย  galak2 langsungย  minta maaf pada ibu saya. Akhirnya ditemukan kesepakatan. Sejak itu tak ada lagi yang mengganggu ibuku.ย  Wanti wanti saya pesan pada ibu, kalau ada yang konfirmasi soal alamat, tanya buat apa, kalau untuk kartu kredit jangan diladenin.

Kadang kita merasa bangga kalau kartu kredit berderet di dompet, padahal semakin banyak kartu kredit, semakin mahal iuran tahunannya plus bunga jika telat membayar. Jangan heran jika banyak yang sampai menjual apa saja yang ada untuk melunasi kartu kredit.

Sebenarnya tak ada yang salah punya kartu kredit yang penting digunakan dengan bijaksana untuk hal hal urgent, bukan untuk memenuhi nafsu belanja. Punya 1 sudah cukup dengan record pembayaran yang bagus, maka otomatis limit nya akan di naikan.

Sebaliknya jikaย  kartu kredit untuk hal hal konsumtif ya pantas aja ada istilah kartu kredit enakย  pakainya,ย  nyesek bayarnya dan ngilu ditagihnya. Salah satu korbannya ibu sayaย  yang tak bersalahย  tapi dimaki maki debt collector. Mudah mudahan di Indonesia tak ada lagi penagihan kartu kredit dengan cara kasar.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun