Layanan guru BK di sekolah salah satunya ialah mengatasi masalah. Itu bukanlah hal yang asing di telinga kita. Sudah semestinya guru BK mengerti bagaimana mengatasi siswa yang mempunyai karakter yang berbeda-beda meskipun dengan masalah yang sama.
Banyak karakter siswa yang sering kita jumpai di sekolah, ada siswa yang tergolong aktif, pendiam, bahkan ada yang dikatakan hiperaktif. Nah, kali ini penulis akan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan para guru dalam mengatasi masalah siswa yang tergolong pendiam.Â
Baca juga : Guru BK Jangan Mau Jadi Polisi Sekolah
Siswa yang pendiam bukan berarti tak mempunyai masalah. Hanya saja ada beberapa faktor yang membuat siswa tersebut sulit mengungkapkan masalah tersebut. Nah, inilah Beberapa tipsnya :
1. Cari tahu alasannya
Nah, dalam hal ini guru bk harus mencari tahu alasan atau masalah yang tengah dialami oleh siswa. Dengan begitu, guru akan lebih mengerti pendekatan yang mana yang lebih cocok, yang seharusnya dilakukan seorang guru bk.
2. Ajak siswa berinteraksi sesuai minatnya
Siswa yang mempunyai karakter pendiam cenderung untuk tertutup kepada siapa pun. Sebagai seorang guru, apalagi guru bk sudah selayaknya tahu bagaimana membuat siswa tersebut menjadi terbuka khususnya kepada guru bk.Â
Guru bk dapat mengajak siswa bercerita akan minat yang ia sukai. Dengan begitu siswa akan tertarik dan mulai bercerita tentang dirinya lahan perlahan. Karena siswa yang pendiam juga tergolong pemalu dalam mengungkapkan apa yang ingin ia ungkapkan sebenarnya. Maka dari itu, butuh bahan pembicaraan yang dapat membuat siswa mulai bercerita dengan sendirinya.
Baca juga : Peraturan Dilanggar, Guru BK Bertindak
3. Tetap minta siswa berbicara