muhammad alim

pharmacist/backpacker gembel/ tulisanbackpacker.blogspot.com

Tak Punya Lisensi Diving ? Tenang Masih Bisa Menikmati Diving kok

25 Mei 2016   15:40 Diperbarui: 25 Mei 2016   22:21 412

Perasaan kecewa karena gagal rapling masih membekas, tapi untungnya kekecewaan itu hilang setelah nonton film civil war (marvel). Film action yang dikemas dengan sedikit bumbu komedi, menjadi 1 tingkat lebih atas dari pada film batman vs superman (DC comic). Ngomong-ngomong jauh-jauh ke manado malah nonton bioskop, haha. Ok cukup bahas filmnya. Resto bambuden boulevard menjadi tempat makan malam ini, daging dada tuna khas manado, oseng kangkung dan sambal dabu-dabu sudah tergeletak tak berdaya di meja. Mengingat sekarang pukul 22.00 wita, duhh perut laper bgt, gak tahan liat godaan daging utuh ikan tuna yang di oles sambal dabu-dabu. Sikat !

dada tuna
Malam ini kita menginap di hotel minahasa baru, suasananya nampak biasa seperti hotel di perkotaan, yahh masih belum bisa move on dari hotel gardenia. Tak ada obrolan malam ini sama ilham, temen sekamar gw, sekedar melihat hasil foto, charge hp dan kamera, gw putuskan untuk tidur.

pelabuhan kali mas, view jembatan soekarno
Pagi manado, seporsi nasi goreng sudah gw lahap habis. Kita check out langsung menuju pelabuhan kali mas, yap menyeberang ke bunaken kita, uhuyyy. Bang rahung tampak  semangat membeli bahan makanan, ikan dan bumbu untuk kita olah disana, bakar-bakaran ikan di pinggir pantai kita. Suasana di pelabuhan nampak rame, karena ini high season liburan, orang-orang berbondong-bondong untuk berlibur bersama keluarga. Kapal boat sudah menepi di dermaga kali mas, perjalanan cukup cepet sekitar setengah jam kita sudah sampai di daniels resort. Daniels resort akan menjadi tempat kita beristirahat di pulau bunaken. Bungalow berderet-deret nampak seperti hotel gardenia, bedanya disini panas. Anak gunung maen ke pantai nih, haha.

yuhuuu menuju bunaken
 Hai bunaken, dulu gw pernah punya cita disini, dan sekarang gw disini, bersamamu bunaken. Gw peluk-peluk, berguling-guling di pasir yang tampak berwarna kuning, becanda bro, enggak segitunya juga. Panas terik matahari membuatku cepat lapar, kita makan siang di resort dengan menu ikan laut. Setelah itu istirahat sebentar karena pukul 14.00 wita kita bakal intro diving. Diving, gw ulangi diving di taman nasional bawah laut bunaken menjadi kegiatan kita siang nanti. Dari semua kegiatan adventure ini, diving adalah yang paling gw tunggu-tunggu. Mungkin sekarang nama bunaken enggak setenar wakatobi, raja ampat, laut flores. Tapi bunaken tetaplah menjadi list wajib para diver.

halo ha
Kapal boat mulai merapat, siap mengantarkan para newbie ini menuju spot alungbanua bunaken, karena ini hanya sebatas intro diving jadi spotnya pun dikasih yang terumbu karangnya sedikit dan berpasir, takutnya kita rusak bro, stabil di dalem aja susah. Jadi tenang aja bagi yang belum punya lisensi diving masih bisa diving kok, dengan discovery dive dan dibimbing sama dive master pastinya. Ngomong-ngomong pake wetsuit juga susah yak, hehe.
briefing

Dikapal boat kita di briefing sama dive master yang juga pemilik daniels resort, cuma ada 3 orang yang sudah berlisensi divingnya, ada bang ian, kak aya’ dan kak marischka prudence. Pengenalan alat sangat penting, karena hidup kita ada dialat itu. Jaket BCD (Bouyancy Compensation Device) adalah semacam pelampung yang bisa mengisi udara dan mengosongkan udara. Regulator udara adalah selang untuk menyalurkan udara. Gauges indicator ini juga penting, jadi kita bisa melihat kapasitas udara, tekanan udara dan suhu udara, dan yang paling penting adalah tabung gas elpiji, eh maksudnya tabung udara. Juga ada teknik membuang air yg masuk ke masker, terus teknik menghilangkan rasa nyeri di telinga saat masuk ke kedalaman. Kalo emang kurang paham, gw saranin bertanyalah, hidup lu hanya tergantung dari tabung oksigen.

Sebelum menyelam sebaiknya baca ini, tulisan dari makarios soekojo :

Jika anda berkunjung ke bunaken dan bertindak sebagai wisatawan atas air, ingin melihat pemandangan yang berbeda-beda, dengan keindahan yang unik, maka anda  akan kecewa. Karena apa yang anda lihat adalah hal yang sama, tempat yang mirip-mirip satu dengan yang lainnya, tidak ada keindahan yang menonjol atau keindahan yang mencuat dari dalam bumi.

Kalo anda menyelam hanya untuk memuaskan pemandangan mata anda, maka anda juga salah memilih tempat. Menyelam di bunaken tidak seperti menonton bioskop, semua keindahan tampil dengan megah, terang bahkan di iringi suara menggelegar.

Keindahan alam bunaken adalah keindahan alam yang tersembunyi, temaram, bisu, sunyi dan sering sulit ditebak.