Mohon tunggu...
Ferry Lianto
Ferry Lianto Mohon Tunggu... karyawan swasta -

keberhasilan : diawali dengan tekad dan kemauan,di lalui dengan semangat dan usaha, di akhiri dengan doa dan ikhtiar... salam succes..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengalaman minim dan Ketertarikan saya di dunia informatika

2 Oktober 2014   17:17 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:39 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berawal pada waktu smp sepulang sekolah di kamar, saya melihat benda yang tidak asing lagi di mata saya sebuah komputer pentium 3 lengkap,yah walaupun pentium 3 itu sudah termasuk canggih di jaman smp saya dulu, mungkin di jaman sekarang sudah wassalam itu pentium 3. lalu saya bertanya tanya dalam hati mengapa benda ini ada di kamar saya, setau saya di rumah tidak ada barang se mewah ini hehe maklum rumah tua,usut punya usut ternyata di rakitin sama om saya kebetulan beliau bisa servis computer, makasih deh om repot repot.

Tanpa pikir panjang saya coba deh tu komputer awal menjalankan si sudah biasa karna di sekolah juga ada tapi pada waktu lab cuman di gunakan buat game doang sama temen temen hehe padahal kegunaan nya kan buat belajar eh malah di buat game maklum anak smp tau nya game doang waktu itu.

Saya juga suka main game di komputer saya karena waktu itu saya belum tau kegunaan komputer, sementara di sekolah di ajari nya cuman setengah-setengah, kadang juga bergantian ke lab nya, dari situlah saya mulai tertarik untuk mencari tau kegunaan benda ini selain buat game saya mulai belajar dengan sofware aplikasi yang ada waktu itu.

Di tengah tengah usaha saya mencoba coba utak atik eh ternyata komputer saya rusak, saya tidak tahu penyebab nya apa komputer saya rusak akhirnya om saya coba perbaiki dan ternyata bukan cpu nya tapi monitornya yang rusak karena om saya gk begitu mahir memperbaiki monitor juga gk punya monitor cadangan dan saya pun juga tidak punya uang buat beli, ya sudah saya putuskan buat nyimpan tu komputer di lemari sambil nunggu saya punya uang buat beli monitor.

hari demi hari saya lalui tanpa benda mewah itu sempet galau juga coz game yang saya mainin belum tamat hehe, dan itu berlangsung sampai saya lulus smp.

setelah saya lulus saya memutuskan untuk mendaftar di smk saya memilih jurusan tkj, bermaksud ingin tahu lebih kegunaan komputer karena saya mulai tertarik pada waktu smp dulu.

Pilihan pertama, saya jatuhkan pilihan di smk negri 2 bangkalan tetapi saya tidak di terima karna ternyata saya punya kelainan fisik yang baru saya ketahui pada saat itu,saya sempet drop waktu itu karena tahu kenyataan itu, tapi ya sudah lah saya yakin tuhan pasti punya rencana yang baik buat saya di balik itu semua,akhirnya saya pilih smk pgri 1 surabaya dengan jurusan otomotif jurusan yang saya tidak begitu tertarik di bidang itu karena smk lain sudah menutup pendftaran buat jurusan tkj ya sudah saya masuk ke jurusan itu.

memang ini lah kehidupan kenyataan emang tidak selalu seperti apa yang kita inginkan tapi saya tidak meninggalkan hobby ketertarikan saya di bidang elektronik hanya karna saya memilih jurusan otomotif waktu itu dan saya pun berfikir kenapa tidak saya coba keduanya kan tidak ada salah nya selama kita mampu.

akhirnya saya jalani keduanya,dan hobby saya berlanjut karna tidak ada komputer saya pun beralih ke hp java saya setelah komputer jadi korban saya kini hp java saya karna saya suka main game saya mulai instal bebagai game di hp java saya aplikasi nya juga tidak ketinggalan.

1412219602860264452
1412219602860264452

Suatu ketika ada aplikasi yang memerlukan akses permission karena aplikasi nya tidak signed, kan capek kalau permission nya keluar dan kita harus pencet ya setiap akses aplikasi java tersebut,akhirnya saya browsing menelusuri isi mbah google dan dapat solusiya yaitu dengan mensigned aplikasi tersebut atau menghack hp kita akhirnya saya pilih yang hack karena mensigned aplikasi kadang ada yang bisa kadang tidak,dengan proses yang cukup rumit bagi saya waktu itu akhirnya dari sekian banyak percobaan yang saya lakukan saya pun berhasil dan aplikasi tersebut tidak meminta akses permission lagi dan mulai dari situ saya lebih sering utak atik system hp java seperti ganti font, minimize aplikasi, nambah dock aplikasi kayak hp symbian dll, Sampai lulus smk.

Setelah Lulus smk saya bekerja di bengkel mobil karna saya lulusan otomotif di situ saya juga masih ke java dan mulai belajar membuat blog, java scrip, dan kode html, membuat artikel tentang java aplikasi game dll. Lumayan mahir lah tapi entah karena bosan atau tidak begitu tertarik kegiatan blog pun saya tinggalkan.

Sampai akhirnya setelah saya sudah merasa bosan dengan java saya pun memutuskan untuk hijrah ke smartphone,saya beli deh smartphone android. Kembali saya tertarik buat instal game game android setelah cukup puas dengan game saya mencoba ke system karena ada beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root atau system sama seperti aplikasi java saya pun memberanikan diri root hp yang baru seminggu saya beli dan merelakan garansi lenyap dalam seminggu,tidak apa apa lah demi rasa penasaran saya tentang system android, setelah berhasil dan walaupun banyak juga kegagalan nya karna ketidaktahuan saya terhadap system android sampai terjadi blootlop,brick dll tapi saya tenang tenang saja karena saya sudah belajar kemungkinan buruk nya sebelum saya modding hp saya.

Dari kegagalan itu sedikit demi sedikit saya mulai paham tentang system android, mulai deh saya coba berlomba lomba mempercantik tampilan android dan meringankan kerja android saya karena android saya kelas low end jadi lemot banget dah, dengan bermodal browsing sana sini download bahan-bahan nya di mbah google blog blog akhir nya saya dapat cara-cara yang saya inginkan agar hp android saya bisa saya modding sesuai keinginan saya.

1412219693503195168
1412219693503195168

Dan langsung saya terap kan waktu itu Dari edit app system ui ganti icon baterai, icon sinyal, merubah posisi jam di tengah, Edit app bbm ganti background, edit icon bbm, Pasang tweak,swap memory,edit buildprop,deodex system dan masih banyak lagi. dari pengalaman itu saya baru tau kalau ketertarikan dan hobby saya ternyata di bidang pemrograman dan alhamdulillah berkat allah swt dan mbah google saya bisa lakukan itu semua.

Setelah bosan cuman kerja doang,hehe perasaan dari tadi bosan mulu hehe emang saya orang ny ingin selalu mencari hal hal yang baru yang belum saya ketahui, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan study saya menuju ke dunia perkuliahan dan saya tanpa pikir panjang langsung memilih teknik informatika karena emang di situ hobby sekaligus keahlian saya walaupun paling mahal di antara teknik yang lain maklum peminat nya banyak saya tetap tidak mundur, saya tidak mau salah jurusan dan harus menerima kenyataan lagi seperti waktu smk dulu.

Itulah sedikit cerita sekaligus pengalaman saya yang baru menjadi mahasiswa baru di tahun ini,kalau ada kata kata yang salah dan tidak sopan, saya mohon maaf kerena saya masih newbie.

jangan menyerah pada kenyataan, terus gapai impian anda keinginan anda kalau anda bersungguh sungguh, action penuh, tekad kuat, tidak setengah setengah, saya yakin pasti impian anda akan menjadi nyata, itu lah proses yang saya sedang lakukan sekarang ini,dan saya yakin saya pasti bisa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun