Mohon tunggu...
Ferry Silitonga
Ferry Silitonga Mohon Tunggu... karyawan swasta -

My life = psychology + movies + musics

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tes Orientasi Kehidupan

30 Oktober 2010   07:02 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:58 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

[caption id="attachment_308450" align="alignleft" width="201" caption="Medicine Man B, 1940 (Diana Ong)"][/caption] Apakah Anda melihat isi gelas sebagai setengah penuh atau setengah kosong? Apakah Anda mengaharapkan sesuatu yang buruk terjadi ataukan Anda menemukan secerah cahaya dalam setiap kegelapan? Tes orientasi kehidupan membarikan pemahaman bagaimanakah taraf optimisme dan pesimisme Anda. Petunjuk: perhatikan apakah setiap item pernyataan di bawah ini menggambarkan perasaan Anda atau tidak. Ketik angka dibawah ini sebagai tingkat kesetujuan Anda pada setiap nomor pernyataan. 4 = sangat setuju 3 = setuju 2 = netral 1 = tidak setuju 0 = sangat tidak setuju Pernyataan 1. Pada waktu-waktu yang tidak menentu, saya biasanya mengharapkan yang terbaik. 2. Buat saya bersantai itu murah. 3. Apabila saya berpikir bahwa hal yang salah dapat terjadi pada diri saya, biasanya akan terjadi. 4. Saya selalau melihat sisi baik/positif dari sesuatu. 5. Saya selalu yakin tentang masa depan saya. 6. Saya sangat menikmati pergaulan dengan teman-teman saya. 7. Penting bagi saya untuk tetap sibuk 8. Saya hampir tidak pernah mengharapkan sesuatu berjalan sesuai dengan keinginan saya. 9. Segala sesuatu tidak prenah berjalan mulus seperti keinginan saya. 10. Saya tidak mudah marah. 11. Saya termasuk orang yang percaya bahwa ‘dalam setiap mendung selalu ada secercah cahaya'. 12. Saya jarang mengharapkan bahwa hal-hal baik akan terjadi pada diri saya. Sumber: diambil seperlunya dari Nevid, Jeffrey S. 2005. Psikolgi Abnormal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun