Mohon tunggu...
Ferra BerlianaR
Ferra BerlianaR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Learner

Always happy and Stay happy

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Optimalisasi Pembelajaran Sosial - Emosional melalui Experiental Learning: Mewujudkan Pengalaman yang Berfokus pada Peserta Didik

27 Juli 2024   12:11 Diperbarui: 27 Juli 2024   12:18 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.teachhub.com/

kali ini kita akan membahas mengenai metode pembelajaran eksperimental (Experiential Learning) dapat dioptimalkan untuk mendukung pembelajaran sosial-emosional (PSE) di sekolah. Pembelajaran sosial-emosional berfokus pada pengembangan keterampilan interpersonal dan intrapersonal, termasuk kemampuan berempati, mengelola emosi, dan berkomunikasi efektif.

Konsep Experiential Learning 

Experiential Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung sebagai inti dari proses pembelajaran. Metode ini, yang dikembangkan oleh David Kolb, mengintegrasikan empat tahapan: pengalaman konkret, refleksi, konseptualisasi, dan eksperimen aktif. Berikut penjelasan singkatnya: 

  • Pengalaman Konkret, Peserta didik terlibat langsung dalam kegiatan yang memberikan pengalaman nyata.
  • Refleksi, Peserta didik memikirkan kembali pengalaman tersebut, mempertimbangkan apa yang terjadi dan bagaimana perasaan mereka.
  • Konseptualisasi Abstrak, Peserta didik menghubungkan pengalaman dengan teori atau konsep yang relevan.
  • Eksperimen Aktif, Peserta didik menerapkan pelajaran yang diperoleh dalam situasi baru untuk melihat bagaimana konsep tersebut bekerja.

Dalam konteks PSE, pendekatan ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman nyata dan refleksi tentang interaksi sosial serta pengelolaan emosi.

https://near-life.tech/ 
https://near-life.tech/ 

 Integrasi Experiential Learning dalam Pembelajaran Sosial - Emosional 

Penggunaan experiential learning dalam PSE dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Beberapa cara integrasi ini meliputi:

  • Simulasi Situasi Sosial: Misalnya, role-playing yang melibatkan situasi konflik antar teman untuk melatih keterampilan penyelesaian masalah dan empati.
  • Proyek Kelas Berbasis Tim: Kegiatan kelompok di mana siswa bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau proyek, yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama.
  • Refleksi Terstruktur: Mengadakan diskusi kelas di mana siswa dapat berbagi pengalaman mereka, mengidentifikasi perasaan mereka, dan mendiskusikan cara-cara mengatasi masalah sosial-emosional.

https://images.app.goo.gl/Mp4gycXgNadiTqiB8 
https://images.app.goo.gl/Mp4gycXgNadiTqiB8 

 Implementasi dan Teknik  yang dapat Dilakukan 

Untuk memaksimalkan efektivitas experiential learning dalam PSE, beberapa teknik praktis termasuk:

  • Desain Aktivitas yang Relevan, Merancang aktivitas yang mencerminkan situasi nyata yang mungkin dihadapi siswa, seperti kegiatan yang melibatkan peran sebagai mediator dalam konflik.
  • Penggunaan Case Studies, Menganalisis kasus-kasus nyata dalam kelompok untuk memahami dinamika sosial dan emosional serta cara-cara penanganannya.
  • Sesi Refleksi, Menyediakan waktu bagi siswa untuk menulis atau berbicara tentang pengalaman mereka dan bagaimana mereka dapat menerapkan keterampilan yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun