Surabaya melaksanakan kegiatan yang bertemakan “Bermain Sambil Belajar” di TK Permata Kelurahan Wonorejo. Kegiatan ini diadakan pada 15 November 2024 dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa-siswi Kelompok B di TK Permata. Dengan pendekatan yang inovatif, mahasiswa KKN merancang permainan edukatif yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mengajarkan informasi tentang 38 provinsi Indonesia dan keberagaman budaya yang ada di tiap daerah.
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2024, mahasiswa KKN MBKM Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajak untuk bermain sambil mengenal berbagai hal baru tentang Indonesia. Permainan yang diadakan meliputi kegiatan fisik seperti melompat zig-zag, menyusun kata, dan merangkak, serta permainan yang lebih mengedukasi seperti pengenalan provinsi dan kebudayaan di Indonesia. Melalui permainan tersebut, para siswa tidak hanya bermain, tetapi juga belajar mengenal tokoh pahlawan nasional dan kebudayaan yang ada di setiap provinsi. Ini memberikan mereka pemahaman lebih dalam tentang identitas nasional dengan cara yang menyenangkan.
Antusiasme siswa-siswi TK Permata sangat terlihat selama kegiatan berlangsung. Mereka tampak senang dan bersemangat, menunggu giliran untuk bermain dan belajar bersama. Bahkan, beberapa siswa menunjukkan keinginan untuk mengulang permainan yang telah mereka lakukan karena begitu menikmati setiap aktivitasnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan memiliki daya tarik yang besar bagi anak-anak usia dini.
Setelah seluruh rangkaian permainan selesai, kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah kepada setiap siswa yang hadir. Acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi dapat lebih mengenal Indonesia, khususnya mengenai budaya dan pahlawan nasional, serta merasakan kesenangan dalam belajar. Program ini membuktikan bahwa belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bisa memotivasi anak-anak untuk terus ingin tahu lebih banyak.
Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa KKN MBKM berharap dapat memberikan kontribusi dalam mengedukasi generasi muda secara kreatif dan menyenangkan. Pembelajaran yang berbasis pada permainan ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak-anak sejak usia dini dan menanamkan rasa cinta tanah air melalui pengenalan budaya dan sejarah Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H