Mohon tunggu...
Fernita Susanti
Fernita Susanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa manajemen

Manajemen 19

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Faktor Keberhasilan Kasus Brand Extension Pengalaman Airbnb di Indonesia

30 Mei 2022   13:42 Diperbarui: 30 Mei 2022   13:56 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perluasan merek merupakan langkah ketika suatu perusahaan menggunakan salah satu nama merek yang sudah mapan pada produk baru atau kategori produk baru. Kadang-kadang dikenal sebagai peregangan merek. Strategi yang digunakan di balik perluasan merek yaitu dengan menggunakan ekuitas merek perusahaan yang sudah mapan untuk membantu meluncurkan produk terbarunya. 

Loyalitas merek dari pelanggan merupakan salah satu pedoman bagi perusahaan, yang dimana perusahaan mengharapkan agar pelanggannya lebih mudah menerima penawaran baru dari merek yang sama. 

Dengan keberhasilan saat menjalankan perluasan merek, perusahaan akan sangat terbantu untuk dapat mencapai demografi baru, memperluas basis pelanggannya, meningkatkan penjualan serta meningkatkan margin keuntungan secara keseluruhan. 

Perluasan merek memanfaatkan tiga hal penting yaitu reputasi, popularitas, dan loyalitas merek yang terkait dengan produk terkenal untuk meluncurkan produk baru.

 Agar berhasil, harus ada hubungan logis antara produk asli dan item baru. Sebuah asosiasi yang lemah atau tidak ada dapat mengakibatkan efek sebaliknya, pengenceran merek. Hal ini bahkan dapat merugikan merek induk. 

Ekstensi merek yang berhasil memungkinkan perusahaan untuk mendiversifikasi penawaran mereka dan meningkatkan pangsa pasar. Melihat para pesaing yang tidak menawarkan produk serupa maka dapat dijadikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Merek yang sudah ada memiliki fungsi sebagai alat pemasaran yang efektif dan murah untuk produk baru. (Widjaja, A. 2022)

Perusahaan Apple (AAPL) mendorong pertumbuhan dengan menggunakan strategi perluasan merek sehingga perusahaan Apple dapat dikatakan menjadi salah satu contoh perusahaan yang memiliki sejarah efektif. Melihat dengan penjualan komputer Mac yang populer maka perusahaan memanfaatkan mereknya untuk menjual produk dalam kategori baru, seperti iPod, iPad, dan iPhone. Perluasan merek dapat dilakukan dengan cara menawarkan produk asli dalam bentuk baru. 

Boston Market meluncurkan menu makan malam dengan namanya sendiri dan memberikan harga yang sama. Bentuk lain dari perluasan merek dapat dilakukan dengan menggabungkan dua produk terkenal. Es krim Breyers dengan potongan kue Oreo adalah pertarungan yang mengandalkan loyalitas konsumen terhadap salah satu atau kedua merek asli. 

Perluasan merek juga dapat diterapkan ke kategori produk yang berbeda. Bisnis inti Google adalah mesin pencari, tetapi memiliki berbagai produk dan layanan terkait non-iklan lainnya termasuk Play Store, Chromebook, Google Apps, dan Google Cloud Platform. Untuk menjadi salah satu contoh yang baik perlu perluasan merek yang memiliki sifat alami dan muncul dari kualitas positif yang diakui dari produk asli. Arm & Hammer memproduksi kotoran kucing penghilang bau dengan nama mereknya. 

Black & Decker membuat sederet alat mainan untuk anak-anak. Ghirardelli Chocolate Company menjual campuran brownies. Penciptaan produk komplementer merupakan bentuk perluasan merek. Banyaknya variasi dan rasa Coca-Cola adalah contohnya. ( Dink, K 2020 )

Biaya yang dikeluarkan untuk mengenalkan produk melalui perluasan merek cenderung lebih rendah daripada biaya yang dikeluarkan untuk mengenalkan produk baru yang tidak memiliki identitas merek. Merek asli mengkomunikasikan pesan. Namun, perluasan merek gagal ketika lini produk tidak sesuai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun