Branding yang efektif merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak pelaku UMKM yang menghadapi kesulitan dalam menciptakan desain yang menarik untuk produk mereka. Padahal, desain yang baik dan menarik dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, sebagian pelaku UMKM masih belum memanfaatkan teknologi desain yang tersedia secara optimal. Dalam hal ini, Canva hadir sebagai platform desain  yang mudah diakses dan digunakan, memberikan solusi bagi pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kualitas tampilan produk mereka.
Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2024/2025, Fernanda Clementina, yang berasal dari Program Studi Teknik Komputer, melaksanakan pelatihan tentang Branding UMKM melalui Desain menggunakan Canva. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 27 Januari 2025, di UMKM Snack milik Ibu Sarwiyastuti.Â
Pelatihan dimulai dengan penjelasan mengenai Canva, sebuah platform desain grafis yang dikenal dengan antarmuka penggunanya yang mudah dipahami. Canva dipilih sebagai alat bantu karena memiliki fitur yang membantu siapa saja, termasuk pelaku UMKM, untuk membuat branding yang menarik. Selama pelatihan, Ibu Sarwiyastuti diberikan tutorial mengenai fitur-fitur dasar Canva, Â cara membuat logo, pemilihan elemen desain, dan pemilihan warna.
Kegiatan Pelatihan Branding UMKM ini mendapatkan respon positif  dari Ibu Sarwiyastuti. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini UMKM Snack Ibu Sarwiyastuti semakin memahami cara menggunakan Canva untuk desain dalam proses branding usaha. Sebagai penutupan sesi pelatihan, dilakukan penyerahan Modul Panduan Penggunaan Canva dan Desain Logo kepada UMKM Snack Sarwiyastuti. Modul ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi beliau untuk dalam mengembangkan desain secara berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung, tetapi juga membuka peluang bagi UMKM untuk terus berinovasi dalam membangun dan memperkuat branding produk pelaku UMKM.
Penulis: Fernanda Clementina (Teknik Komputer)
Lokasi: Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.
Dosen Pembimbing Lapangan: DR. Ir. Suyatno, M.Kes.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI