Joyosuran, Surakarta (30/01/2025) - Dalam era digital saat ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak. Gadget tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai media pembelajaran dan hiburan. Namun, di balik berbagai manfaat yang ditawarkan, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat menimbulkan dampak negatif, seperti kecanduan, gangguan kesehatan, hingga menurunnya interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi orang tua dan guru, mengingat anak-anak masih berada dalam tahap perkembangan kognitif dan sosial. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk memahami cara menggunakan gadget secara bijak sejak dini.
Berdasarkan permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2024/2025, Fernanda Clementina dari Program Studi Teknik Komputer, memberikan edukasi terkait pembentukan kebiasaan bijak dalam penggunaan gadget bagi siswa kelas 1 dan 2 SDN Kusumodilagan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 24 Januari 2025. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat serta dampak negatif dari penggunaan gadget. Mengingat siswa sekolah dasar, terutama kelas 1 dan 2, masih berada dalam tahap eksplorasi terhadap teknologi, pendekatan yang digunakan bersifat interaktif agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.
Sesi edukasi diawali dengan penjelasan mengenai pengertian, jenis-jenis, dan manfaat gadget. Selain membahas manfaatnya, diberikan juga edukasi mengenai dampak negatif yang dapat timbul jika penggunaan gadget tidak dibatasi dengan baik. Salah satu aspek yang disoroti adalah risiko gangguan kesehatan akibat penggunaan gadget secara berlebihan, seperti mata yang sakit dan lelah. Selain itu, kurangnya interaksi sosial dengan teman sebaya dan keluarga juga menjadi permasalahan, mengingat penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat mengurangi keterlibatan anak dalam aktivitas sosial. Di samping itu, dibahas juga mengenai bahaya konten yang tidak sesuai usia serta pentingnya pengawasan orang tua ketika anak-anak menggunakan gadget.
Para siswa juga diberikan pemahaman tentang pentingnya mengatur waktu dalam bermain gadget serta bagaimana cara mengalihkan perhatian ke aktivitas lain yang lebih bermanfaat, seperti membaca buku, bermain di luar ruangan, atau berinteraksi langsung dengan teman-teman. Kegiatan edukasi ini mendapat respons yang sangat positif dari pihak sekolah, termasuk guru dan siswa yang terlibat. Program ini dinilai sangat relevan dengan kondisi saat ini, di mana anak-anak semakin akrab dengan teknologi sejak usia dini. Edukasi ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan agar siswa semakin sadar akan pentingnya menggunakan gadget dengan cara yang lebih bijak dan bertanggung jawab.
Dengan adanya edukasi ini, diharapkan siswa dapat membentuk kebiasaan yang lebih positif dalam menggunakan teknologi, serta memahami dampak negatif yang mungkin timbul jika penggunaan gadget tidak dilakukan dengan bijak dan bertanggung jawab.
Penulis : Fernanda Clementina (Teknik Komputer)
Lokasi : Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta
Dosen Pembimbing Lapangan : DR. Ir. Suyatno, M.Kes.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI