Mohon tunggu...
Feri Yunus Madao
Feri Yunus Madao Mohon Tunggu... -

Saya hanya seorang blogger biasa yang mencoba berbagi pengalaman, pikiran, dan opini di Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jadi Bintang Iklan Disneyland Karena Youtube

28 November 2011   12:14 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:05 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Entah sudah berapa puluh, ratus atau ribu orang yang sudah mendulang rejeki tak terduga dari Youtube. Siapa yang tidak kenal dengan Justin Bibier, penyanyi muda asal kanada, yang namanya melejit berkat video-video dirinya yang diunggah oleh sang ibu ke Youtube. Di indonesia sendiri, yang saya tahu ada Sinta dan Jojo, Briptu Norman, dan dua bersaudara Gamaliel dan Audrey, yang berhasil mendulang popularitas dari Youtube.

Baru-baru ini  youtube kembali membuka pintu rejeki bagi seorang anak kecil perempuan bernama Lily. Di video yang berjudul “Lily’s Disneyland Surprise!” dan diunggah pada tanggal 3 oktober 2011 tersebut, memperlihatkan ekspresi kegembiraan Lily yang sedang membongkar isi tas ransel, berisi hadiah-hadiah yang bernuansa disney, hadiah ulang tahun dari orang tuanya. Namun ekspresi kegembiraan Lily yang paling menyentuh, adalah ketika ibunya mengabarkan bahwa hadiah terbesar ulang tahun-nya adalah jalan-jalan ke Disneyland, hari itu juga. Mendengar kabar itu, Lily sangat exciated dan langsung mengekspresikan kegembiraannya dengan menangis.

Saya yakin, kalau cuma medengar atau membaca cerita video ini, Anda tidak akan tersentuh dan mungkin berkata “Ah, biasa saja. Nothing special!”. Karena itu, sebelum melanjutkan membaca tulisan saya ini, silahkan tonton dulu video Lily’s Disneyland Surprise!

Gimana? ekspresi Lily berhasil menyentuh Anda, nggak? Kalau buat saya sih,  berhasil banget! Bahkan saya nonton berulang-ulang sampai 5 kali. :D

Sebenarnya banyak video serupa di youtube yang memperlihatkan ekspresi anak-anak saat mendengar akan diajak orang tuanya ke Disneyland. Tapi yang paling berhasil menarik perhatian banyak orang adalah video si Lily, ini.

Terakhir saya nonton, jumlah pengunjungnya sudah mencapai 6 juta lebih (hampir 7 juta orang). Dan saya baru tahu kalau ternyata, video di youtube yang ditonton lebih dari satu juta orang, youtube akan menawarkan pemasangan iklan di video tersebut. Hasilnya akan dibagi dua, antara pemilik video dengan pihak youtube.

Kabarnya, pada tiga minggu pertama, orang tua Lily mendapat 3000 dollar amerika dari youtube, hasil pemasangan iklan di video anaknya yang diunggah (diupload) ke Youtube. Tapi yang paling menggembirakan kedua orang tua Lily, adalah, video anaknya tersebut, dibeli oleh pihak Disneyland, untuk dijadikan iklan TV. Dan itu artinya, duit yang didapat orang tua Lily, lebih banyak lagi.

Kini, Lily sudah menjadi bintang iklan sebuah taman hiburan/bermain terbesar di dunia, yaitu Disneyland. Semua itu berawal dari video sederhana yang iseng diunggah ke Youtube, namun berhasil mendatangkan rejeki nomplok.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun