Mohon tunggu...
feri tirtoni feri
feri tirtoni feri Mohon Tunggu... Dosen - dosen

saya dosen di umsida , senang dengan kegiatan abdimas , hobby menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Media Digital Interactive Book pada SDN Kenonggo 1 Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar

8 September 2024   20:25 Diperbarui: 8 September 2024   20:27 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul: Pengembangan Media Digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo Tingkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi dalam Era Merdeka Belajar

oleh Feri Tirtoni M.Pd

Sidoarjo -- Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah, dosen dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur melakukan riset pengembangan media digital Interactive Books di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penelitian yang dipimpin oleh Feri Tirtoni M.Pd tim dosen ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital yang inovatif, yaitu Interactive Books. Media ini dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan teknologi digital, Interactive Books menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.

"Kami melihat bahwa era Merdeka Belajar menuntut adanya inovasi dalam media pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Media Interactive Books ini kami kembangkan dengan tujuan untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa," ujar ketua tim penelitian.

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenongo 1 Sidoarjo dan melibatkan para guru serta siswa sebagai peserta. Hasil awal dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Interactive Books dalam pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa di kelas, memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek, dan mendorong kerja sama antar siswa. Para guru juga merasakan manfaat yang signifikan dalam memudahkan penyampaian materi dan mengelola kelas dengan lebih dinamis.

"Kami sangat terbantu dengan adanya media pembelajaran ini. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kami juga bisa mengajak siswa untuk lebih banyak berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok," kata salah satu guru yang terlibat dalam penelitian ini.

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan era digital dan Merdeka Belajar. Pengembangan media digital seperti Interactive Books ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, tetapi juga menjadi sumber daya berharga bagi para guru dalam meningkatkan metode pembelajaran.

Penelitian ini masih akan berlanjut dengan berbagai tahapan pengembangan lebih lanjut dan uji coba di berbagai sekolah lainnya. Harapannya, inovasi ini dapat diimplementasikan secara luas dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun