Â
Kereta Api merupakan salah satu sarana transportasi umum yang digemari masyarakat luas, bukan saja menawarkan ketepatan waktu namun kereta api juga menyediakan kenyamanan bagi para penumpangnya. Tau gak si sobat? kalau saat ini sub kelas dalam kereta api memiliki banyak jenis nya, dari Ekonomi PSO sampai kelas compartement dan sleeper ada semua lhoo. Bahkan wacana yang berhembus kedepan kecepatan dalam kereta api unggulan akan dinaikkan hingga 160 Kpj dan rangkaian di beberapa kereta favorit akan dikasih peremajaan atau upgrade sarana menjadi New Generation (NG). Bahkan sempat berhembus kencang rencana perpanjangan kereta cepat Jakarta-Surabaya yang dirumorkan akan dibangun beberapa tahun kedepan
Upgrade besar-besaran seperti yang disebutkan diatas tidak lepas dari kepiawan dan tangan dingin seorang Bapak Didiek Hartantyo. Penggemar setia Kereta api atau lazim disebut sebagai Railfans tentu tidak asing mendengar nama Didiek Hartantyo. Ya Didiek merupakan Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki figur yang humble, friendly dan dekat dengan masyarakat.Â
Didiek diangkat menjadi seorang Dirut Pada 2020 lalu ketika Covid melanda, saat itu KAI berfikir keras agar dampak penularan Covid-19 dapat diminalkan. Tak hanya persoalan itu saja, ekspetasi masyarakat utamanya Gen Z sangat tinggi terhadap tranformasi kereta api agar menjadi transportasi yang modern dan nyaman.
Pada tahun 2024 ini, KAI mencatatkan rekor positif dalam melayani penumpang yang mencaku berbagai layanan, sampai agustus 2024 kemarin, menurut data yang pernah penulis baca, ada sekitar 299,75 juta penumpang yang terlayani KAI per Januari-Agustus 2024 ini. 34,57 juta diantarannya merupakan penupang KA jarak jauh dan lokal dengan tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85% dan kedatangan mencapai 97,87% (data dari postingan KAI 121). Apasih yang menjadikan KAI menjadi sarana yang semakin digemari masyarakat Indonesia saat ini? kuncinya ada di dirut KAI yang gercep merespon perkembangan zaman. Emang  boleh sekeren ini? Boleh donggg.  Lalu apa saja yang berhasil dikembangkan KAI hingga se modern ini? jawabannya akan diuraikan dibawah:
Masa AwalÂ
Pada awal kepemimpinan Mas Didiek, Kondisi transportasi umum di Indonesia terguncang akibat adanya Covid, pembatasan sosial (PSBB) kala itu membuat adanya jarak antar seat di semua lini transportasi bukan hanya di kereta saja. Kala itu, KAI berhasil menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pelanggan dan mampu menerapkan efisiensi tanpa harus memotong jumlah pekerja.Â
Kala itu, inovasi dan efisiensi perlu berjalan beriringan agar tercipta transformasi yang berimpact dan berkelanjutan, titik balik dari semua kemajuan di hari ini mulanya terjadi di masa pandemi lalu, mau tau apa saja? ada di bagian selanjutnya.
Transformasi besar KAI dalam Menjawab Zaman
Titik awal tranformasi besar pada KAI dimulai pada 2022 silam,dimulai dari mengintegrasikan dokumen kesehatan calon pelanggan paa aplikasi pedulilindungi dengan sistem boarding KAI dengan tujuan tidak lain yaitu untuk memastikan pengguna layanan KAI sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan KAI. selanjutnya KAI mengoperasikan salah satu jalur non aktif berikut dengan stasiun pendukung di Jalur selatan Jawa Barat. Inovasi lain yang tidak kalah menarik adalah terintegrasinya terminal logistic dengan container yard yang dapat mempercepat waktu tempuh logistik.
Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, KAI terus melakukan transformasi. Perlahan namun pasti, transformasi ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan zaman yang semakin dinamis, ditambah dengan saran dan masukan dari pelanggan termasuk Gen Z sebagai generasi muda yang menginginkan adanya modernisasi di kereta.Â
Untuk aplikasi KAI yang mulai 2023 dinamakan KAI Acess tersedia banyak sekali fitur update yang memanjakan penggunanya, update fitur dari KAI acess baru-baru ini adalah live location maksudnya bisa membagikan updatean lokasi kereta berjalan kepada saudara atau orang terdekat. Kemudian yang kalah keren dari KAI Acess sekarang adalah sudah terintegrasi dengan fasilitas ketika sudah sampai stasiun tujuan seperti kendaraan, penginapan hingga destinasi wisata di sekitar stasiun tempat tujuan. KAI acess juga menyediakan trip planner sebagai plan pelanggan untuk menggunakan sarana KA serta fitur memesan makanan dari aplikasi.Â
Transformasi berikutnya yang dilakukan pak didiek bersama KAI adalah menyediakan face recorginition di beberapa stasiun besar seperti Cirebon, Malang, Yogyakarta, Semarang Tawang Bank Jateng, Solo Balapan, Surabaya Ps.Turi,Pasar Senen dan stasiun Gambir. Tujuan dari penyediaan face recognition ini adalah untuk memudahkan pelanggan pengguna agar tidak memakan waktu lama ketika boarding. Tata caranya cukup mendaftar pada KAI Acess sendiri atau bisa dipandu oleh petugas di sekitar stasiun.
New Generation sebagai salah satu bentuk Transformasi Dan Inovasi KAI
Â
                                        Inovasi dari KAI dengan Menghadirkan KA NEW Generation                              ÂSalah satu inovasi besar yang nampak dari adanya inovasi besar-besaran yang dilakukan oleh KAI adalah dengan menghadirkan rangkaian trainset (TS) yang dikenal dengan embel-embel sebagai KA New Generation. KA new Generation sendiri tersedia dalam dua kelas layanan, yaitu Ekonomi New Geneation dan Stainless stell Eksekutif New Generation. Untuk kelas ekonomi NG diawali oleh KA jayabaya yang launching pada September 2023 lalu yang kala itu memakai rangkaian modifikasi balai yasa Manggarai, lambat laun beberapa KA ekonomi mulai upgrade sarana ke NG. Saat ini setidaknya sudah ada beberapa KA Eko New Gen, seperti KA Jayabaya dan KA Majapahit dengan relasi PSN-MLG, lalu Blameks (Blambangan Ekspress), Menoreh, Banyubiru, GBMS, Lodaya dan yang terbaru ada Ka Progo . Kemudia di sarana full Eksekutif New Generation diawali oleh yang sering disebut oleh railfans sebagai"anak emas" kai yaitu Ka Argo Dwipangga dan Argo Lawu yang berikutnya menyusul KA Taksaka dan Argo Bromo Anggrek.
Baik dari ka Ekonomi New Gen maupun Ekse New Gen memiliki banyyak keunggulan dari generasi sebelumnya. Keunggulan yang dimiliki antara lain: disediakan display pemberitahuan informasi digital di setiap gerbong (Passenger Information Display Sistem) yang kegunaaanya untuk mengetahui letak kecepatan dari kereta sampai lokasi terkini kereta yang dilihat dari stasiun terdekat. Kemudian dilengkapi dengan bangku yang bisa diatur tingkat kemiringannya ini cocok untuk perjalanan malam yang membutuhkan istirahat yang nyaman. Lalu pintu sudah elektrik dan peredam kebisingan dalam kabin. Toilet pada KA new generation sudah dibedakan warna berdasarkan jenis kelamin dan yang paling membuat betah adalah interior KA new Generation yang aesthetic untuk dijadikan bahan story di media sosial.Â
Kalau boleh jujur, pengalaman aku naik KA new generation ini cukup berkesan, tidak nyangka dalam waktu singkat KAI bener-bener upgrade total dari segala sisi termasuk sisi kenyamanan pelanggan di dalam kereta. First time naik ka new generation saya kala itu jatuh ke argo bromo anggrek keberangkatan malam dari SMT dengan tujuan kala itu stasiun Cirebon pada libur semester juli kemarin. Waktu itu cukup exicted sekali naik ka ini karena fiturnya kekinian banget cuyy, dengan pemberangkatan malam ditambah dengan mode malam kereta beuhh syahdu buat tidur. Dan bener, aku tertidur sesaat setelah kereta berangkat dari SMT hingga nyaris sampai di stasiun Cirebon. kalo ditanya Kenapaa sii pilihan jatuh ke argo bromo ngga kereta lain padahal ada yang lebih sore? alasannya adalah saya ketika itu mau mencoba experience baru naik KA New Gen ini dan membuktikan kenyamanan secara langsung bukan katanya katanya. Terbukti kereta sekarang tuh nyaman-nyaman banget tanpa terkecuali.Â
Kedepan yang saya denger-denger dari rumor yang berhembus entah bener atau tidaknya, akan ada beberapa puluh KA yang bakal kebagian mendapat "baju baru" new generation. Jadi untuk yang ga sabar let see gebrakan KAI yang satset ini.
Harapan Untuk Kedepan
Dengan banyaknya gebrakan baru dari KAI untuk kemajuan transportasi umum yang lebih baik, saya yakin kedepan akan terdapat banyak inovasi-inovasi baru yang terarah dilakukan oleh pak Didiek bersama KAI. Kemudian sedikit memberikan masukan untuk KAI jika ada komplain atau pengaduan dari masyarakat semoga dapat dintidaklanjuti dengan cepat nggih pak hehehe. Sebagai penutup saya sebagai salah satu pelanggan KAI setiap pulkam libur semester berterimakasih banyak kepada seluruh direksi beserta pak dirut yang sudah banyak melakukan inovasi untuk transformasi kereta api Indonesia yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H