Hai hai hai, balik lagi bareng saya Fergi si tukang Kebab. Jujur saja saya akan resign bulan depan karena akan magang, jadi mungkin tier tukang Kebab akan hilang hahaha. Tapi tidak apa apa tanpa tukang Kebab saya tidak bisa kuliah sampai sekarang. Hehehe.Â
Oke. Mari kita lanjutkan tulisan saya kali ini. Semoga tulisan saya mudah untuk dipahami ya teman teman. Kali ini saya akan membahas topik PR tentang " Manajemen Public Relation "
Baiklah, berbicara mengenai Manajemen Public Relation ada beberapa kata terpisah yaitu Manajemen dan PR. Â Mari kita bahas sedikit mengenai apa itu manajemen. manajemen secara harfiah berasal dari bahasa Latin yang artinya memimpin menangani mengatur yang artinya dapat dikatakan bahwa dalam proses bagaimana cara mengatur sebuah hal untuk bisa mencapai tujuannya agar bisa menjadi lebih efektif. Â
Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan pengorganisasian pelatihan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
yang perlu teman teman ketahui bahwa manajemen bersifat universal artinya mencakup berbagai kaidah prinsip dan konsep dari berbagai disiplin ilmu sadar maupun tidak sadar. Proses manajemen pasti diterapkan dalam berbagai aktivitas sedangkan public relation mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya demi membangun dan menjaga saling pengertian di antara keduanya.
Dengan kata lain bagaimana kita mengelola komunikasi antara organisasi dengan publik agar sesuai dengan tujuan dari perusahaan yang di inginkan. Kurang lebihnya seperti itu.
Lalu bagaimana atau step bystepnya kita memanajemen PR kita ?.
Prinsip Manajemen
Untuk mencapai tujuan, setiap pemimpin harus menerapkan prinsip manajemen, antara lain:
-- Pembagian Kerja