Halo teman teman semua, sebelumnya perkenalkan saya Fergi Afrizal dan sekarang saya sedang berkuliah di salah satu universitas di surakarta, Jawa Tengah. Oke kita lanjut, sebenarnya saya sedang ada tugas untuk menulis ,nah karena bingung, jadi saya akan menulis materi saja yang telah di sampaikan Dosen saya untuk saya share kembali ke teman teman semua dan semoga bermanfaat.,
Oke, jadi saya disini akan menulis tentang Public Relation. Apa sih sebenarnya public relation ? Teman teman  sering dengarkan PR PR PR itu apa ?.  Atau mungkin malah temen temen belum pernah dan belum ngerti apa sih PR itu sebenarnya, kerjanya apa sih sebenernya, apa mungkin teman-teman pasti yang lagi sekolah lagi kebingungan kalau ditanya sama calon mertua kamu. sekolah komunikasi ngambil apa ? nanti jadi apa kalau sudah lulus, bingung nih kepala tuh wandering, aku jadi apa nanti ya ? Nah biar lebih jelas. saya mau coba jelasin definisi PR ( public realtion) itu apa.
   Sekarang kita mulai dari definisi Public Relation itu sendiri ada Menurut Frank Jefkins (2004), Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya, dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Komunikasi yang terencana dalam hal ini adalah segala sesuatu yang sudah disiapkan oleh individu itu sendiri apa yang ingin disampaikan kepada visi misi perusahaan, dalam hal ini segala sesuatunya itu harus terencana. Walaupun ada pula hal-hal yang diluar Harapan itu sendiri. Ketika masyarakat masyarakat yang tidak sejalan dengan yang sebelumnya dalam hal ini mereka harus melakukan improvisasi.
Tujuan Public Relation Menurut AhliÂ
Frank Jefkins Â
Frank Jefkins (1995:54), bahwa ada beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut.Â
- Meningkatkan bobot kualitas pegawaiÂ
- Memperkenalkan perusahaan/lembaga ke khalayak luasÂ
- Sarana untuk mempersiapkan, dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk penerbitan yang baruÂ
- Meyakinkan khalayak bahwa perusahaan mampu bangkit setelah terjadi krisis
- Menciptakan identitas bagi perusahaan/lembagaÂ
- Memperkuat ketahanan perusahaan dari segala resiko
- Mentransformasi Informasi Mengenai aktivitas sehari-hari perusahaan
Setelah Tujuan, Mari kita ke peran peran yang bisa di lakukan seorang public relation di dunia nyata. Ada beberapa peran yang dilakukan.
Peran-peran seorang Public Relation.
1.sebagai penasihat AhliÂ