pendidikan menjadi salah satu sektor yang harus terus bertransformasi agar tetap relevan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan program "Merdeka Belajar", yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
Dalam era digital yang semakin maju,Program "Merdeka Belajar" ini sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, terutama pada prinsip "Kemerdekaan", "Kebangsaan", "Kemanusiaan", "Kebudayaan", dan "Kodrat Alam". Inspirasi dari Ki Hadjar Dewantara, pendiri Taman Siswa, juga menjadi tolok ukur dalam transformasi pendidikan ini.
Melalui berbagai terobosan, seperti Kurikulum Merdeka dan Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi, pemulihan pembelajaran dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Para guru juga didorong untuk terus berkarya dan berbagi ilmu melalui hadirnya Platform Merdeka Belajar.
Dalam rangka optimalisasi kebijakan "Merdeka Belajar", perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya juga menjadi fokus. Selain itu, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan penilaian juga dilakukan untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.
Dengan program "Merdeka Belajar" dan inspirasi dari Ki Hadjar Dewantara, transformasi pendidikan di Indonesia diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih mandiri, berbudaya, dan mampu bersaing di kancah global. Konteks yang dimaksud "Kemerdekaan", "Kebangsaan", "Kemanusiaan", "Kebudayaan", dan "Kodrat Alam" Sebagai Berikut :
Kemerdekaan
Kemerdekaan adalah hak yang paling mendasar bagi setiap manusia. Kemerdekaan juga merupakan nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, program Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Dalam konteks Merdeka Belajar, kemerdekaan berarti memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Siswa dapat memilih jalur pendidikan formal, non-formal, atau informal sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.
Kebangsaan
Kebangsaan adalah nilai yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Kebangsaan mengacu pada rasa cinta dan kesetiaan terhadap tanah air dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, program Merdeka Belajar bertujuan untuk memperkuat rasa kebangsaan siswa melalui pendidikan.
Dalam konteks Merdeka Belajar, kebangsaan berarti memperkuat rasa cinta dan kesetiaan siswa terhadap tanah air dan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan melalui pembelajaran sejarah, budaya, dan bahasa Indonesia.