Mohon tunggu...
Ferawaty RosintaIndah
Ferawaty RosintaIndah Mohon Tunggu... Guru - Ibu Rumah Tangga

Menanam kembali untuk hasil yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Berkebun "Recehan" saat Pandemi Covid-19

14 April 2020   14:26 Diperbarui: 16 April 2020   14:34 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hampir sebulan saya di rumah, ini karena Covid-19 yang datang di awal tahun 2020. Dunia dipaksa untuk lebih focus menangani pandemi tersebut, termasuk Indonesia.

Imbasnya semua kegiatan warga negara di luar rumah dibatasi untuk memutus mata rantai penyebarannya. Awalnya saya sangat bahagia karena tiba-tiba libur di tanggal 'Hitam' kalender (guyonan terkabul karena selama ini mencari kalender yang tanggalnya merah semua hehe..). 

Namun libur yang tidak berujung ini lama-lama membuat saya bosan, stress bahkan mengalami Psikosomatik, bagaimana tidak karena pemerintah mengharuskan semua lapisan masyarakat berkegiatann di rumah-sosial distancing-physical distancing dan kini Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). 

Tidak mudah mengubah kebiasaan seseorang, rutinitas di luar rumah yang telah dilakukan bertahun-tahun mendadak terhenti seperti mobil ngebut harus direm sekaligus, bisa dibayangkan seperti apa kondisi psikologis sebagian besar masyarakat sekarang.

Memasak adalah salah satu cara saya untuk membunuh kebosanan, hal ini membuat saya berbelanja lebih banyak agar intensittas keluar rumah menjadi sedikit, tetapi karena kurang pengalaman dalam teknik penyimpanan meskipun sudah masuk lemari pendingin stok sayuran saya malah banyak yang busuk dan malah sampai ada yang bertunas (Jahe, Kencur,batang sereh dan bawang-bawangan). 

Kesal karena harus belanja kebutuhan harian yang belakangan melambung tinggi, namun saya malah mendapatkan ide untuk bercocok tanam dipelataran rumah yang tidak luas dengan peralatan seadanya.

Saya namakan kegiatan ini 'Berkebun Recehan Ala Covid' , kenapa? karena saya bertanam dengan sayuran dan bumbu rempah yang masih bisa dibeli dengan uang receh tidak seperti bawang Bombay yang sekarang hargaya @Rp. 12.000,-.

1. Menanam Daun Bawang

Dokpri
Dokpri
caranya tidak begitu sulit, saya dapat petujuk dari mesin pencari di dunia maya. pertama sebelum menyimpan daun bawang ke dalam kulkas, potong pangkal pohon 5-10 cm dari akar.

Kemudian rendam akar dengan sediki air selama 1-2 hari sampai tumbuh tunas setelah itu pindahkan ke dalam pot yang berisi tanah dan pupuk. kurang dari sebulan saya sudah bisa menikmati hasilnya. Lumayan bisa untuk campuran telur dadar. berhemat Rp. 1000,-.

2. Bertanam Kencur dan Bawang Putih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun